PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN
Dalam proses komunikasi, media merupakan apa saja yang mengantarkan atau membawa informasi ke penerima informasi. Di
dalam proses
belajar mengajar yang pada hakikatnya juga merupakan proses komunikasi, informasi atau pesan yang dikomunikasikan adalah isi atau bahan
ajar yang telah ditetapkan dalam kurikulum, sumber informasi adalah
guru, penulis buku atau judul, perancang dan pembuat media pembelajaran
lainnya; sedangkan penerimaan informasi adalah siswa atau warga .
Belajar Pengertian media
pembelajaran bervariasi.
Ada ahli media yang wiembuat definisi
yang mengacu hanya pada alat atau perangkat keras, ada juga yang
menonjolkan perangkat lunak. Contoh
definisi yang
mengacu pada perangkat
keras adalah definisi yang dikemukakan oleh Schramm dan Briggs (Sudjana
& Rivai, 2002: 4).
Schramm mendefinisikan media pembelajaran sebagai
teknologi pembawa informasi yang dapat dimanfaatkan untuk proses belajar mengajar; sedangkang Briggs mendifikasikannya
sebagai sarana fisik untuk menyampaikan bahan ajar.
Acapkali kata media pendidikan digunakan secara bergantian dengan istilah
alat bantu atau media komunikasi seperti yang
dikemukakan oleh Hamalik (1994) di mana ia melihat bahwa hubungan
komunikasi akan berjalan lancer dengan hasil yang maksimal apabila menggunakan
alat bantu yang disebut media komunikasi. Sementara itu, Gagne dan Briggs
dalam Arsyad (2006:4)
Secara implicit
Mengatakan bahwa media
pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi
materi pengajaran, yang terdiri dari antara lain buku, tape recorder, kaset, video
camera, video recorder, film, slide (gambar bingkai), foto, gambar, grafik, televisi,
dan komputer.
Dengan kata lain, media adalah komponen sumber belajar atau wahana
fisik yang mengandung materi instruksional yang dapat merangsang siswa untuk belajar. Di lain pihak, National
Education Association memberikan
definisi media sebagai bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audio-visual dan
peralatannya; dengan demikian, media dapat dimanipulasi, dilihat, didengar, atau
dibaca.
Berdasarkan uraian beberapa
batasan tentang media, dapat dikemukakan :
Ciri ciri umum yang terkandung pada media adalah.
1. Media pendidikan memiliki
pengertian fisik yang dewasa ini dikenal sebagaihardware (perangkat keras), yaitu sesuatu benda yang dapat
dilihat, didengar, atau diraba dengan panca indera
2. Media pendidikan memiliki pengertian nonfisik yang dikenal sebagai
software(perangkat lunak), yaitu kandungan pesan yang terdapat dalam
perangkat keras yangmerupakan isi yang ingin disampaikan kepada siswa.
3. Penekanan media pendidikan terdapat pada visual dan audio.
4. Media pendidikan memiliki pengertian alat bantu pada proses
belajar baik di dalam maupun di iuar kelas.
5. Media Pendidikan digunakan dalam rangka komunikasi dan interaksi
guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
6. Media pendidikan dapat digunakan secara massal (misalnya: radio, televisi),
kelompok besar dan kelompok kecil (misalnya film, slide, video, OHP), atau perorangan
(misalnya: modul, komputer, radio tape/ kaset, video recorder).
7. Sikap, perbuatan,
organisasi, strategi, dan manajemen yang berhubungandengan penerapan suatu ilmu.
Baca Selengkapnya dengan Mendownload File diatas.
0 Komentar
Penulisan markup di komentar