Contoh Silabus Psikologi perkembangan

2:35:00 AM
Add caption

SILABUS MATA KULIAH

Mata Kuliah                        : Psikologi Perkembangan
Program Studi                   : Pendidikan Agama Islam
Jurusan                              : Tarbiyah
Semester                            : III (TIGA)
Bobot                                 : 2 SKS
Elemen Kompetensi           : Mata Kuliah Keimuan Keterampilan (MKK)
Jenis Kompetensi              : Pendukung
Standar Kompetensi          : 1. Mahasiswa memahami konsep psikologi perkembangan sebagai disiplin ilmu dan fungsinya bagi perkembangan manusia.
                                            2. Mahasiswa memahami bernagai karekteristik perkembangan manusia dalam setiap fase perkembangannya.
                                            3. Mahasiswa mempunyai kepekaan dalam menganalisa problem problem perkembangan manusia.
                                            4. Mahasiswa mempunyai keterampilan untuk memfasilitasi iklim yang kondusif dalam meningkatkan asfpek-aspek perkembangan individu

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
Materi Pokok
Metode
Penilaian
Alokasi Waktu
Reference
1
Mahasiswa mengetahui pengertian, ruang lingkup, istilah pertumbuhan dan perkembangan, dan metode psikologi perkembangan
·     Mahasiswa bisa mengidentifikasikan psikologi perkembangan
·     Mahasiswa mampu menjelaskan tentang ruang lingkup kajian psikologi perkembangan
·     Mahasiswa mampu menjelaskan tentang istilah pertumbuhan dan perkembangan
·     Mahasiswa dapat menjelaskan tentang metode psikologi perkembangan

PENDAHULUAN
A.    Pengertian psikologi perkembangan
B. Ruang lingkup kajian psikologi perkembangan
C. Istilah pertumbuhan dan perkembangan
D. Metode psikologi perkembangan



Ceramah, tanya jawab
penugasan
160 menit
 Abu Ahmadi Dan Munawar Sholeh,  2005, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita,  2007, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zulkifli L., 2005, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.



2
Mahasiswa memahami Periodesasi perkembangan berdasarkan biologis, didaktis dan psikologid
·     Mahasiswa bisa menjelaskan periodesasi perkembangan berdasarkan biologis
·     Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyebutkan periodesasi perkembangan berdasarkan didaktis
·     Mahasiswamampu menjelaskan periodesasi perkembangan berdasarkan psikologid

PEROIDESASI PERKEMBANGAN
A. Periodesasi berdasarkan    biologis
B.Periodesasi berdasarkan didaktis
C.Periodesasi berdasarkan psikologis
Ceramah, tanya jawab
Non Test
160 menit
Abu Ahmadi Dan Munawar Sholeh,  2005, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta.

3

Mahasiswa memahami konsep dasar masalah perkembangan,dan teori perkembangan
·     Mahasiswa dapat menyebutkan dan menjelaskan masalah perkembangan
·     Mahasiswa dapat menyebutkan teori-teori perkembangan
·     Mahasiswa mampu menyebutkan fase-fase perkembangan
·     Mahasiswa mampu menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan


MASALAH PERKEMBANGAN, TEORI DAN HUKUM PERKEMBANGAN
A.     Masalah perkembangan
B.     Teori perkembangan
C.     Fase-fase perkembangan
D.     Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
Ceramah, tanya jawab, Brainstorming

Test Lisan
160M
Abu Ahmadi Dan Munawar Sholeh,  2005, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita,  2007, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Mahasiswa memahami hukum-hukum perkembangan
·     Mahasiswa mampu menjelaskan hukum konvergensi
·     Mahasiswa mampu menjelaskan hukum tempo perkembangan
·     Mahasiswa mampu menjelaskan hukum masa peka
·     Mahasiswa mampu menjelaskan hukum rekapitulasi
·     Mahasiswa mampu menjelaskan hukum bertahan dan mengembangkan diri
·     Mahasiswa mampu menjelaskan hukum irama (ritme) perkembangan



HUKUM PERKEMBANGAN
A.     Hukum konvergensi
B.     Hukum tempo perkembangan
C.     Hukum masa peka
D.     Hukum rekapitulasi
E.     Hukum bertahan dan mengembangkan diri
F.      Hukum irama perkembangan
Diskusi kelompok, information search, study group
Test Tertulis

Zulkifli L., 2005, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahasiswa memahami masa-masa perkembangan
·     Mahasiswa mampu menyebutkan pembagian masa perkembangan menurut Aristoteles
·     Mahasiswa mampu menyebutkan pembagian masa perkembangan menurut Comonius
·     Mahasiswa mampu menyebutkan pembagian masa perkembangan menurut Ch. Buhler
·     Mahasiswa mampu menyebutkan pembagian masa perkembangan menurut Kohnstamm
·     Mahasiswa mampu menyebutkan pembagian masa perkembangan menurut Oswald Kroh
·     Mahasiswa mampu menyebutkan pembagian masa perkembangan menurut Jean Piaget


MASA-MASA PERKEMBANGAN
A.      Pembagian Aristoteles
B.      Pembagian Comonius
C.     Pembagian Ch. Buhler
D.     Pembagian Kohnstamm
E.      Pembagian Oswald Kroh
F.      Pembagian Jean Piaget


Information search, aktive debate
Test lisan

Zulkifli L., 2005, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
4
Mahasiswa memahami masa perkembangan pada masa intra uterin dan masa perkembangan pada masa bayi
·     Mahasiswa mampu menjelaskan masa intra uterin
·     Mahasiswa dapat menguraikan sikap ibu terhadap kehamilan
·     Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai pengaruh perkembangan pranatal
·     Mahasiswa dapat mengenal proses kelahiran
·     Mahasiswa mampu menjelaskan makna tangisan pertama bayi
·     Mahasiswa mampu menjelaskan aktivitas pada masa bayi


MASA INTRA UTERIN DAN MASA BAYI
A.      Masa Intra uterin
B.      Sikap ibu terhadap kehamilan
C.     Pengaruh perkembangan pranatal
D.     Proses kelahiran
E.      Tangis pertama bayi
F.      Aktivitas masa bayi
Diskusi kelompok dan tanya jawab, power of two, snow balling
Non Test
160menit
Abu Ahmadi Dan Munawar Sholeh,  2005, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita,  2007, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zulkifli L., 2005, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahasiswa mengetahui perkembangan masa kanak-kanak
·     Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan tanggapan masa kanak-kanak
·     Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan pikiran masa kanak-kanak
·     Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan daya ingatan masa kanak-kanak
·     Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan bahasa masa kanak-kanak
·     Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan perasaan masa kanak-kanak
·     Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan fantasi masa kanak-kanak
·     Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan sosial masa kanak-kanak
·     Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan moral masa kanak-kanak
·     Mahasiswa dapat menjelaskan masalah permainan masa kanak-kanak
·     Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan keberagamaan masa kanak-kanak


PERKEMBANGAN MASA KANAK-KANAK
A.    Perkembangan tanggapan
B.    Perkembangan pikiran
C.   Perkembangan daya ingatan
D.   Perkembangan bahasa
E.    Perkembangan perasaan
F.    Perkembangan fantasi
G.   Perkembangan sosial anak
H.   Perkembangan moral
I.      Masalah permainan
J.     Perkembangan keberagamaan anak
Diskusi kelompok, tanya jawab
Test Lisan

Abu Ahmadi Dan Munawar Sholeh,  2005, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita,  2007, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zulkifli L., 2005, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mahasiswa mengtahui perkembangan pada masa sekolah
·     Mahasiswa dapat menyebutkan syarat-syarat masuk sekolah
·     Mahasiswa dapat menyebutkan perkembangan pengamatan pada masa sekolah
·     Mahasiswa dapat menyebutkan perkembangan fantasi anak pada masa sekolah
·     Mahasiswa dapat menyebutkan gambar anak pada masa sekolah
·     Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan berfikir anak pada masa sekolah
·     Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan perasaan anak pada masa sekolah.
·     Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan rasa sosial anak pada masa sekolah
·     Mahasiswa mampu menjelaskan perekembangan kemauan anak pada masa sekolah



PERKEMBANGAN MASA SEKOLAH
A.     Syarat-syarat masuk sekolah
B.     Perkembangan pengamatan
C.     Perkembangan fantasi
D.     Gambar anak sekolah
E.     Perkembangan berpikir
F.      Perkembangan perasaan
G.     Perkembangan rasa sosial
H.     Perkembangan kemauan

Diskusi dan tanya jawab
Test Lisan

Abu Ahmadi Dan Munawar Sholeh,  2005, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita,  2007, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zulkifli L., 2005, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
6
Mahasiswa mengetahui perkembangan pada masa remaja serta pada masa adolesen
·     Mahasiswa dapat menyebutkan masa-masa perkembangan pada masa remaja
·     Mahasiswa dapat menguraikan ciri-ciri remaja
·     Mahasiswa dapat menjelaskan masa pueral
·     Mahasiswa dapat menjelaskan prapubertas
·     Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyebutkan masa pubertas
·     Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian masa adolesen
·     Mahasiswa mampu menyebutkan tugas perkembangan adolesen

PERKEMBANGAN MASA REMAJA
A.      Masa-masa perkembangan
B.     Ciri-ciri remaja
C.    Masa pueral
D.    Prapubertas
E.     Masa pubertas
F.     Masa adolesen
G.    Tugas-tugas perkembangan adolesen.
Information search, the power of two, snow bolling

160 M
Abu Ahmadi Dan Munawar Sholeh,  2005, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita,  2007, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zulkifli L., 2005, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hendriati Agustiani, 2006, Psikologi Perkembangan, Bandung: Refika Aditama.

Mohammad Ali Dan Mohammad Asrori, 2008, Psikologi Remaja, Jakarta: Bumi Aksara.


7
Mahasiswa mengetahui konsep kepribadian dan perkembangan serta mampu mengukur kepribadian masing-masing
·     Mahasiswa dapat menyebutkan perbedaan pengertian kepribadian
·     Mahasiswa mampu menjelaskan definisi kepribadian
·     Mahasiswa mampu menjelaskan antara tempramen, watak dan kepribadian
·     Mahasiswa mampu menyebutkan tipe-tipe kepribadian
·     Mahasiswa mampu mengukur kepribadian
·     Mahasiswa mampu menjelaskan peran keluarga sebagai pembentuk utama kepribadian
·     Mahasiswa mampu menyebutkan aspek-aspek kepribadian dengan benar
·     Mahasiswa mampu menjelaskan antara kepribadian dan perkembangan

KEPRIBADIAN DAN PERKEMBANGAN
A.      Perbedaan pengertian kepribadian
B.      Definisi kepribadian
C.     Tempramen, watak dan kepribadian
D.     Tipe-tipe kepribadian
E.      Mengukur kepribadian
F.      Keluarga sebagai pembentuk utama kepribadian
G.     Aspek-aspek kepribadian
H.     Kepribadian dan perkembangan
Diskusi dan tanya jawab

160 M
Abu Ahmadi Dan Munawar Sholeh,  2005, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta

                                                                                                                                                                                                                        Sangatta,         Nopember  2013
                                                                                                                                                                                                                        Dosen Pengampu



                                                                                                                                                                                                                        Satriah.M.Pd

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔