Tafsir Al quran yang berkenaan dengan observasi

3:35:00 PM
Tafsir Al quran

1.     Observasi/ Eksplorasi

Surah Al-A’raf Ayat : 185
أوَلَمْ يَنظُرُوا۟ فِى مَلَكُوتِ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَمَا خَلَقَ ٱللَّهُ مِن شَىْءٍ وَأَنْ عَسَىٰٓ أَن يَكُونَ قَدِ ٱقْتَرَبَ أَجَلُهُمْ ۖ فَبِأَىِّ حَدِيثٍ بَعْدَهُ يُؤْمِنُونَ
Artinya :
Dan apakahmerekatidakmemperhatikankerajaanlangitdanbumidansegalasesuatu yang diciptakan Allah, dankemungkinantelahdekatnyakebinasaanmereka? Makakepadaberitamanakahlagimerekaakanberimansesudah Al Quran itu?
Tafsirnya:
Setelahmengangajakmerekamemerhatikanpenyampairisalah, kini Allah swt. Mengajakmemperhatikanalamrayadenganfirman-nyaApakahmerekabutadantidakmelihatdenganpandanganihtibar( mengambilpelajaran ) terhadapapa yang terbentang pada kerajaan langit dan bumi dan apapun yang diciptakan Allah yang maha agung dari segala sesuatu yang telah tercipta selain kerajaan langit dan bumi itu dan apakah mereka tidak melihat secara memikirkan pula dengan rasa takut bahwa boleh jadi telah dekat ajal, yakni waktu kebinasaan, maka sebagai suatu rezim.


v Surah Yunus Ayat: 6
إِنَّ فِي اخْتِلافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَمَا خَلَقَ اللَّهُ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَّقُونَ
Artinya:
Sesungguhnyapadapergantianmalamdansiangdanpadaapa yang diciptakan Allah di langitdan di bumi, pastiterdapattanda-tanda (kekuasaan-Nya) bagi orang- orang yang bertakwa.
Tafsirnya:
Pada ayat ini Allah SWT menjelaskan tanda-tanda kekuasaan-nya  yang lain yaitu pertukaran malam dan siang biarpun pertukaran dengan arti pergantian bumi mengelilingi sumbunya, walaupun pertukaran dengan arti pembedaan penjagaan malam dan siang menurut letaknya suatu tempat disuatu bumi yang disebabkan oleh pergeseran sumbu bumi itu dua puluh tiga setengah derajat dari perputaran jalan-nya (garis edar) serta peredaran bumi keliling matahari. Disamping perputaran malam dan siang itu maka dalam ayat Allah menjelaskan bahwa diantara tanda-tanda kekuasaanya ialahterciptanya di langit dan di bumi beraneka ragam benda, seperti benda cair, benda padat, udara, tumbuh – tumbuhan, dan bintang, guruh petir, angin. Dan semua itu merupakan bukti dan tanda kebesaran kekuatan Allah bagi orang yang mau bertakwa kepadanya
Surah Yasin Ayat 37 – 40
وَآيَةٌ لَهُمُ اللَّيْلُ نَسْلَخُ مِنْهُ النَّهَارَ فَإِذَا هُمْ مُظْلِمُونَ(٣٧ )
وَالشَّمْسُ تَجْرِي لِمُسْتَقَرٍّ لَهَا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ(٣٨ )
وَالْقَمَرَ قَدَّرْنَاهُ مَنَازِلَ حَتَّى عَادَ كَالْعُرْجُونِ الْقَدِيمِ ( ٣٩)
 (٤٠) لا الشَّمْسُ يَنْبَغِي لَهَا أَنْ تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلا اللَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ وَكُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ
Artinya:

37. Dan suatu tanda (kekuasaan Allah) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka seketika itu mereka (berada) dalam kegelapan,

38. Dan matahariberjalan di tempatperedarannya.Demikianlahketetapan Allah YangMahaperkasalagiMahaMengetahui.
39. Dan telah Kami tetapkantempatperedaranbagibulan, sehingga (setelahiasampaiketempatperedaran yang terakhir) kembalilahiasepertibentuktandan yang tua.
40. Tidaklahmungkinbagimataharimengejarbulandanmalam pun tidakdapatmendahuluisiang. Masing-masingberedarpadagarisedarnya.


Tafsirnya:
Perginya cahaya siang yang nipis dan datangnya kegelapan malam yang lebih tebal dan demikianlah datang dan perginya cahaya dan kegelapan silih berganti adalah fenomena yang dilihat sepanjang masaoleh manusia di bumi.
Itulah sebabnya matahari menjadi alat mengukur waktu. Bermula dari mengukur waktu dalam sehari sehinggalah kepada mengira musim dalam setahun dan begitulah seterusnya.
Jiwa manusia yang melajimi memerhatikan bulan akan senantiasa segar. Oleh karena itulah kita sering kali berbagai petuah yang berkait dengan bulan dalam perkara, meronta-rontakan sifat baik melonjakan. Umpamanya suatu bulan naik, suatu bulan turun pula.
Segala-segalanya bergerak di atas landasanya. Demikian pula manusia juga perlu berjalan di atas landasan yang telah di tetapkan yang dinamakan syariat baginya.manusia yang melangar syariat samalah seperti matahari atau bulan yang keluar dari landasanya. Seorang manusia menggunakan akal fikiranya betul untuk mencari petunjuk ke arah tujuan yang pasti.

2.    Eksperimen

v Surah An-Naba Ayat : 7
وَالْجِبَالَ أَوْتَادًا(٧)
Artinya:
dangunung-gunungsebagaipasak
Tafsirnya:
Dan kami jadikan gunung-gunung bagaikan tonggak-tonggak yang dipancangkan dibumi agar tidak miring atau berat sebelah hingga menggoncangkan penghuninya. Jiak tidak terdpat gunug-gunung niscaya bumi akan selalu digoncang gempa sebagai akibat bergolaknya bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian maka hikmah bumi sebagai tempat tinggal tidak lagi sempurna.

v Surah Qaf Ayat: 7
وَالأرْضَ مَدَدْنَاهَا وَأَلْقَيْنَا فِيهَا رَوَاسِيَ وَأَنْبَتْنَا فِيهَا مِنْ كُلِّ زَوْجٍ بَهِيجٍ
Artinya:
Dan bumi yang Kami hamparkandan Kami pancangkan di atasnya gunung-gunung yang kokoh, dan Kami tumbuhkan di atasnya tanam-tanaman yang indah.
Tafsirnya:
Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu – Asyidiq an-Naji, dari Abu Sa’id Al-Khudri, ia bercerita, bahwa Rasulullah saw. Telah bersabdah. ‘’Jika seorang mukmin menghendaki seorang anak disurga, maka hamilnya, melahirkan-nya dan umurnya hanya dalam satu jam.’’

v Surah Al-Mursalat Ayat: 25 – 27
أَلَمْ نَجْعَلِ الأرْضَ كِفَاتًا (٢٥) أَحْيَاءً وَأَمْوَاتًا (٢٦) وَجَعَلْنَا فِيهَا رَوَاسِيَ شَامِخَاتٍ وَأَسْقَيْنَاكُمْ مَاءً فُرَاتًا (٢٧)
Artinya:
25. Bukankah Kami jadikanbumiuntuk (tempat) berkumpul,
26. Bagi yang masihhidupdan yang sudahmati?
27. Dan Kami jadikanpadanyagunung-gunung yang tinggi, dan Kami beriminumkamudengan air tawar?

Tafsirnya:
v  Didalam ayat-ayat ini Allah memperingatkan kepada umat yang beriman supaya menyadari benar-benar kebesaran dan kekuasaan Allah terhadap semua makhluk-Nya, dan memperhatikan sejarah nenek moyangnya yaitu manusia yang hidup terdahulu. Bukanlah Allah telah membinasakan semua umat-umat yang terdahulu baik dan yang kaya, raja, berkuasa atau lain-lainnnya yang telah mendustakan ajaran Allah yang dibawa oleh para rasul utusan Allah, karena itulah jangan merasa jika telah kaya kemudian mengira walau tidak taat kepada Allah pun tidak apa-apa dan janganlah sampai berprasangka sampai sedemikian itu apabila berkuasa lalu tidak memperhatikan kejadian-kejadian yang telah terjadi pada umat yang terdahulu, yangbtelah berbuat bermacam dosa, pelanggaran, sehngga kita tidak mengulangi perbuatan yang membinasakan itu.Kemudian Allah mengingatkan mkita “Bukankah kalian telah diciptakan oleh Allah dari air mani yang tidak berharga, yang sangat rendah lalu disempurnakan hingga berwujud manusia yang empurna, berkuasa gagah perkasa, tapi awaslah jika sampai mendustakan ajaran tuntunan Allah akan kembali hina, tidak berharga meskipun sudah disempurnakandengan berbagai kelengkapankekuatan. Juga disuruh untuk memperhatikan bumi sebagai tempat tinggal manusia sejak hidup hingga mati. Juga menganjurkan supaya memperhatikan segala apa yang terjadi disekitar kita yang dapat dilihat, didengar untuk menjadi sarana untuk menyadarkan kita kepada kebesaran dan kekuasaan yang tidak terhingga.

3.   Penalaran/ Intuisi

v Surah Adz-Zariyat Ayat: 21

 وَفِي أَنْفُسِكُمْ ۚأَفَلَا تُبْصِرُونَ
Artinya:
dan (juga) padadirimusendiri. Makaapakahkamutiadamemperhatikan?
TAFSIRNYA:
Allah berfirman tentang para muttaqin ( orang-orang yang betakwa) bahwa mereka kelak dihari kiamat akan diberi pahala menempati surga dengan menikmati segala yang bdiberikan oleh Tuhan berupa kekekalan hidup. Kenikmatan dan kelezatan, kegembiraan dan kesenagngan yang tiada batasnya yang tidak pernah terlintas dalam pikiran dan pandangan mata. Orang-orang yang bertakwa itulah yang menjadi penghuni surga, ialah mereka yang selama hidupnya didunia mengerjakan amalan-amalan yang shaleh, taat kepada Allah dan rasulnya. Melaksanakan apa yang diperintah oleh syariat dan yang menjauhi yang dilarang. Diwaktu malam sedikit tidur, banyak beribadah, melakukan shalat dan beristighfar, tidak mengabaikan hal-hal orang-orang miskinyang meminta maupun yang tidak meminta harta-harta mereka. Demngan ikhlas mereka serahkan kepada yang berhak. Allah selanjutnya berfirman bahwa dipermukan bumi Allah terdapat tanda-tanda kebesaran dan kekuasan-Nya dalam semua ciptaan didalam berbagai tanaman, binatang, gunung-gunung, sungai-sungai lautan, dan berbagai warna kulit serta tipe manusia, bermacam-macam bahasa dan dialek yang mereka gunakan serta perbedaan tingkat kecerdasan dan ketajaman berfikir, disamoing semua itu semua dalam diri manusia pu  tak kurang adanya tanda-tandanya kebesaran dan kekuasaan Tuhan bila ia suka meperhtikan dan meneliti. Dan dilangit terdapat sumber rezeki bagi manusia dengan airhujan yang diturunkan yang membawa kesuburan tanahuntuk menghasilkan berbagai padi-padian yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup. ( 342) jilid 7.

v  Surah Al-Alaq Ayat: 1- 3
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (١)
خَلَقَ الإنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (٢)
اقْرَأْ وَرَبُّكَ الأكْرَمُ (٣)
Artinya:
1. Bacalahdengan (menyebut) namaTuhanmu yang menciptakan,
2. Diatelahmenciptakanmanusiadarisegumpaldarah.
3. Bacalah, danTuhanmulah Yang MahaMulia
Tafsirnya:
Seorang alim tafsir yang bernama Ibnu Katsir Rahimahullah berkata di dalam kitab tafsirnya yang berjudul ‘’Tafsirul Qur’ainil ‘Azim’’. Ayat Al-Quran yang paling pertama turun adalah ayat-ayat muliayang memiliki berkah ini. Ayat-ayat ini adalah rahmat pertama yang mana denganya Allah merahmati para hamba yang merupakan kenikmatan pertama yang Allah berikan kepada mereka. Didalam ayat ayat ini terdapat peringatan tentang awal mula penciptan manusiaadalah dari segumpal darah.ilmu inilah ukuran yang membedakan antara bapak manusia Adam dengan para malaikat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔