Universitas Jember Tambah Program Studi dengan Akreditasi A

10:00:00 AM
Universitas Jember Tambah Program Studi dengan Akreditasi A
Universitas jember
Universitas Jember menambah deretan program studinya yang berakreditasi A. Kali ini Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan IPA FKIP Universitas Jember yang berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dengan demikian kini Universitas Jember memiliki 9 program studi yang berakrediasti A.

“Alhamdulillah, melalui surat keputusan BAN-PT nomor 1262/SK BAN-PT/Akred/S/XII/2015 kini Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember memiliki akreditasi A,” kata  Pembantu Dekan I FKIP Universitas Jember, Dr. Sukatman, M.Pd dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/2).
Salah satu bentuk dukungan langsung pihak universitas dalam meningkatkan akreditasi program studi ditunjukkan dengan turut aktifnya Rektor dan Pembantu  Rektor I Universitas Jember dalam setiap proses penilaian, termasuk mengikuti sesi wawancara yang dilakukan oleh tim asesor dari BAN-PT. “Kami sungguh sangat terbantu dengan kesediaan Rektor bersama Pembantu Rektor I untuk turut menjelaskan apa yang sudah kita lakukan untuk program Studi Pendidikan Matematika,” ujarnya.

Menurut dia, pencapaian prestasi ini tentu diraih dengan kerja keras dan kerja sama dengan semua pihak. Pihak fakultas dengan dukungan penuh universitas telah mempersiapkan sarana dan prasarana yang dapat mendukung proses belajar mengajar yang baik, seperti kebutuhan akan ruang kuliah dan laboratorium.

“Di lain sisi kualitas pengajar ditingkatkan, termasuk didalamnya penambahan guru besar. Proses belajar mengajar di Program Studi Pendidikan Matematika juga dibantu para kolega dosen yang ada di FMIPA jurusan matematika. Adanya prasarana, sarana, dan SDM yang baik inilah yang menghasilkan akreditasi A,” ujarnya.

Salah satu bentuk dukungan langsung pihak universitas dalam meningkatkan akreditasi program studi ditunjukkan dengan turut aktifnya Rektor dan Pembantu Rektor I Universitas Jember dalam setiap proses penilaian, termasuk mengikuti sesi wawancara yang dilakukan oleh tim asesor dari BAN-PT. “Kami sungguh sangat terbantu dengan kesediaan Rektor bersama Pembantu Rektor I untuk turut menjelaskan apa yang sudah kita lakukan untuk program Studi Pendidikan Matematika,” ungkapnya.

Di lain sisi, perolehan akreditasi A bagi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember disokong dengan kenyataan bahwa input yang diterima berkualitas baik. Secara umum animo siswa yang berminat masuk ke FKIP Universitas Jember selalu meningkat.

Hal ini mendorong persaingan sehat di antara peminat yang akan masuk ke FKIP Universitas Jember, maka hanya siswa dengan nilai yang baik yang akan diterima. “Selain itu, dari data yang ada, masa tunggu lulusan FKIP Universitas Jember tergolong bagus karena masih berada dalam kisaran 6-8 bulan untuk kemudian terserap oleh pasar kerja,” tambah  Sukatman yang sehari-harinya adalah dosen di program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia ini.

Sementara saat disinggung mengenai program studi di FKIP Universitas Jember yang belum mendapatkan akreditasi A, Pembantu Dekan I FKIP menyatakan pihaknya kini terus berusaha memperbaiki kekurangan yang ada. Fokus utama adalah mengangkat akreditasi program studi yang masih berstatus akreditasi C, sembari meningkatkan akreditasi program studi yang masih berstatus akreditasi B.

“Khusus di FKIP, tinggal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang masih berakreditasi C. Pasalnya program studi ini tergolong baru, bahkan belum menghasilkan lulusan. Untuk meningkatkan akreditasi program studi, langkah yang kami tempuh antara lain meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga pengajar, dan menyiapkan sarana berupa ruang kuliah dan laboratorium yang saat ini masih dalam taraf pembangunan,” katanya.

Keberhasilan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP meraih akreditasi A, diharapkan mampu menjadi pemicu program studi lainnya untuk mencapai akreditasi A. Bahkan pihak universitas tidak segan-segan memberikan reward kepada program studi yang memperoleh akreditasi A. Imbalan ini antara lain berupa hibah sampai senilai 80 juta rupiah. Harapannya, dalam waktu dekat makin banyak program studi yang memiliki akreditasi A.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔