Makalah zakat

4:38:00 AM
Makala zakat
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Definisi dan Makna Zakat
Zakat menurut segi etimologi, zakat memiliki pengertian “pengembangan, berkah, bersih dan penyucian”. Syariat memakai kalimat zakat dengan memadukan dua pengertian tersebut. Zakat berarti pengembangan karena dengan melaksanakannya menjadi sebab berkembang suburnya pahala dan kebajikan. Zakat juga berarti penyucian karena dengan melaksanakannya menjadi sebab diperolehnya kesucian jiwa, terutamanya dari sifat kikir (Ash Shiddiqi,1981:24).


Dari segi terminologi agama, zakat adalah “bagian tertentu dari harta benda yang diwajibkan Allah untuk sejumlah orang yang berhak menerimanya” (Shihab, dalam Syah, 1992:187).
Dinamakan berkah, karena dengan membayar zakat, hartanya akan bertambah atau tidak berkurang, sehingga akan menjadikan hartanya tumbuh laksana tunas tunas pada tumbuhan karena karunia dan berkahan yang diberikan Allah SWT kepada seorang Muzaki .Rosulullah saw bersabda :
Harta tidak berkurang karena sedekah (zakat), dan (zakat) tidak diterima dari penghianatan (cara-cara yang tidak dibenarkan syar’i)” (HR Muslim )
Dinamakan bersih, karena dengan membayar zakat, harta dan dirinya menjadi bersih dari kotoran dan dosa yang menyertainya yang disebabkan oleh harta yang dimilikinya tersebut .adanya hak-hak orang lain menempel padanya, yang apabila kita menggunakanya atau memakainya berarti kita telah memakan harta haram, karena didalamnya terkandung milik orang lain. Maka bersih (thaharah), bisa kita lihat dalam firman Allah SWT :
Ambilah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (memjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengan lagi Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah [9]:103)
Menurut Ibnu Taimiyah, hati dan harta orang yang membayar zakat tersebut menjadi suci dan bersih serta berkembang secara maknawi. Dinamakan berkembang karena dengan membayar zakat hartanya dapat mengembang sehingga tidak bertumpuk kesatu tempat atau pada seorangan. 

Silahkan download LINK ini untuk membaca secara lengkap tentang Makalah Zakat

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔