Makalah tentang Puasa

11:06:00 AM
Makalah tentang puasa
Makalah Tentang Puasa

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
              Puasa merupakan Salah satu dari Rukun islam kita sebagai umat muslim wajib menjalankan puasa Ramadhan saya menuliskan tema puasa ini agar kita lebih mengerti apa puasa itu dan semoga kita menjadi pengusaha diri kita sendiri dengan berpuasa. Ramadhan merupakan bulan dimana kita harus dapat mengendalikan diri kita, hal yang utama harus kita lakukan dalam pelaksanaan puasa Ramadhan adalah kita harus menjadi pengusaha dan raja bagi diri kita
sendiri kita harus benar-benar mengendalikan menurut aturan ilahi yang berlaku. Mungkin kadang ada bertanya kenapa kita tetap sengsara , atau mengapa hidup kita gelisa dan tidak tenang? jawaban yang tepat adalah karna kita tidak dapa mengendalikan diri kita sendiri. Puasa bulan Ramadhan inilah kesempatan yang
mensinyalir, umat islam akan banyak melaksanakan puasa, hanyan mendapatkan lapar dan dahaga saja. Bagaimana menurut ada apakah ini benar? Kalau Rasulullah sudah mensinyalir demikian memang keadaan karna semua yang dikatakan dan dilakukan Rasulullah semua itu benar adanya tidak ada yang salah. Ibadah umat islam pada saat ini Alhamudulillah sudah agak meningkat teryata mereka mulai sadar bahwa ibadah puasa ini tidaklah sebuah tradisi saja melainkan sebuah jalan untuk meningkatkan keimanan.



BAB II
PEMBAHASAN

A.       Pengertian Puasa
              Puasa menurut arti Bahasa adalah menahan diri, sedangkan menurut syara ialah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalka dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari karena perintah Allah semata-mata, dengan disertai niat dan syarat-syarat tertentu.
Puasa bulan Ramadhan adalah salah satu dari rukun Islam yang lima, diwajibkan pada tahun 11 Hijriyah, yaitu tahun kedua sesudah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Hukumnya Fardlu’ Ain atau tiap-tiap mukallad (baligh berakal).
Dasar hukumnya adalah firman Allah;
Artinya;
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (yaitu) dalam beberapa hari tertentu”(Q.S. Al Baqarah;183-184).
B.       Macam-macam Puasa
Puasa ada empat macam;
v Puasa wajib, yaitu puasa pada bulan Ramadhan tiap-tiap tahun, puasa nadzar dan puasa kifarat.
v Sunnat, yaitu puasa yang dianjurkan Nabi, seperti puasa setiap haris senin dan kamis, tiap tangal 13, 14 dan 15 pada tiap bulan Hujriyah, puasa pada tanggal 9 Dzulhijjah dan sebagainya.
v Puasa Makruh, yaitu puasa seperti pada hari syak (ragu-ragu) (yaitu tanggal 29 dan 30 Sya’ban).
v Puasa Haram, yaitu puasa yang dilaksanakan pada dua haru Raya yaitu Hari Idul Adha dan 3 hari Tasyriq (tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah).

Puasa bulan Ramadhan itu merupakan salah satu dari rukun Islam yang lima, diwajibkan pada Tahun kedua hijriyah, yaitu tahun kedua sesudah Nabi Muhammad Saw. Hijrah ke Madinah. Hukumnya Fardu’ain atas tiap-tiap mukallaf (balig dan berakal).
Sabda Rasulullah Saw;
“islam itu d tegakan 5 dasar;1), besaksi bahwa tidak ada Tuhan yang hak (patut disembah) kecuali Allah, dan bahwasanya Nabi Muhammad itu utusan Allah, 2), mendirikan salat lima waktu, 3), membayar zakat,4), mengerjakan haji ke Baitillah, 5), berpuasa pada bulan Ramadhan.” (Riwayat Bukhari,muslim, dan Ahmad).

C.       Syarat sah dan Sunnahnya
Syarat-syarat sah puasa adalah

Silahkan Download Link ini untuk membaca secara lengkap tentang makalah Puasa

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔