Simpang Siur Berita CPNS 2016

7:51:00 PM
Simpang Siur Berita CPNS 2016
Harapan para pelamar umum kandas sudah. Mereka yang berkeinginan mengikuti seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini terbentur keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi.
"Tahun ini (2016) tidak ada penerimaan CPNS dari jalur umum. Moratorium CPNS-nya kan diperpanjang sampai tahun ini," tegas Yuddy. Seleksi CPNS 2016 hanya diperuntukkan bagi sekolah kedinasan. Yuddy mencontohkan IPDN, STAN, Sekolah Ilmu Statistik, Sekolah Intelijen Negara, serta sekolah milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.
"Jadi, kalau ada info yang menyatakan ada penerimaan CPNS dari jalur umum, itu bohong. Saya tegaskan, tidak ada penerimaan CPNS umum tahun ini. Yang ada hanya lulusan sekolah kedinasan," tandasnya.

Peniadaan seleksi CPNS dari jalur umum, salah satunya, sebagai upaya pemerintah mengurangi sejuta PNS‎ secara bertahap hingga 2019. Pemerintah bertekad, belanja aparatur di APBN hanya sekitar 30 persen.
Penegasan Yuddy ini berarti membantah pernyataan sebelumnya dari Asisten Deputi Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM KemenPAN-RB Bambang Dayanto Sumarsono. Bambang mengatakan, pada 2016 tetap ada rekrutmen CPNS dari jalur umum. Rencananya, kata dia, formasi yang dibuka adalah tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, dan penegak hukum. Adapun tenaga kesehatan terdiri dari bidan PTT, dokter PTT, perawat, tenaga kesehatan lain. Kuota yang disiapkan sekitar 42 ribu.
Di sisi lain, KemenPAN-RB sendiri belum memutuskan jadwal tahapan rekrutmen CPNS 2016. "Semua belum ditetapkan. Nanti harus didahului dengan rapat Panselnas (Panitia Seleksi Nasional CPNS 2016, Red)," ujar Herman Suryatman, juru bicara kementerian.
Sebelumnya, selama beberapa hari, memang sempat beredar kabar –baik melalui media sosial maupun sejumlah situs– yang menyebut tes CPNS 2016 akan berlangsung bulan Maret. Bahkan, ada yang berani menyebut masa pendaftaran online peserta tes mulai tanggal 22–23 Maret 2016.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔