Add caption |
SILABUS MATA KULIAH
Mata
Kuliah : Psikologi
Perkembangan
Program
Studi : Pendidikan Agama
Islam
Jurusan : Tarbiyah
Semester : III (TIGA)
Bobot : 2 SKS
Elemen
Kompetensi : Mata Kuliah Keimuan
Keterampilan (MKK)
Jenis
Kompetensi : Pendukung
Standar
Kompetensi : 1. Mahasiswa
memahami konsep psikologi perkembangan sebagai disiplin ilmu dan fungsinya bagi
perkembangan manusia.
2. Mahasiswa memahami bernagai karekteristik
perkembangan manusia dalam setiap fase perkembangannya.
3. Mahasiswa mempunyai kepekaan dalam
menganalisa problem problem perkembangan manusia.
4. Mahasiswa mempunyai keterampilan untuk
memfasilitasi iklim yang kondusif dalam meningkatkan asfpek-aspek perkembangan
individu
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian
|
Materi Pokok
|
Metode
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Reference
|
1
|
Mahasiswa mengetahui
pengertian, ruang lingkup, istilah pertumbuhan dan perkembangan, dan metode
psikologi perkembangan
|
· Mahasiswa bisa mengidentifikasikan psikologi
perkembangan
· Mahasiswa mampu menjelaskan tentang ruang lingkup
kajian psikologi perkembangan
· Mahasiswa mampu menjelaskan tentang istilah
pertumbuhan dan perkembangan
· Mahasiswa dapat menjelaskan tentang metode
psikologi perkembangan
|
PENDAHULUAN
A. Pengertian psikologi perkembangan
B. Ruang lingkup kajian psikologi perkembangan
C. Istilah pertumbuhan dan perkembangan
D. Metode psikologi perkembangan
|
Ceramah,
tanya jawab
|
penugasan
|
160 menit
|
Abu Ahmadi Dan Munawar Sholeh, 2005, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta.
Desmita, 2007, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Zulkifli
L., 2005, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
|
2
|
Mahasiswa memahami Periodesasi
perkembangan berdasarkan biologis, didaktis dan psikologid
|
· Mahasiswa bisa menjelaskan periodesasi
perkembangan berdasarkan biologis
· Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyebutkan
periodesasi perkembangan berdasarkan didaktis
· Mahasiswamampu menjelaskan periodesasi
perkembangan berdasarkan psikologid
|
PEROIDESASI PERKEMBANGAN
A. Periodesasi berdasarkan biologis
B.Periodesasi berdasarkan didaktis
C.Periodesasi berdasarkan psikologis
|
Ceramah,
tanya jawab
|
Non Test
|
160 menit
|
Abu Ahmadi
Dan Munawar Sholeh, 2005, Psikologi
Perkembangan, Jakarta:
Rineka Cipta.
|
3
|
Mahasiswa memahami konsep
dasar masalah perkembangan,dan teori perkembangan
|
· Mahasiswa dapat menyebutkan dan menjelaskan
masalah perkembangan
· Mahasiswa dapat menyebutkan teori-teori
perkembangan
· Mahasiswa mampu menyebutkan fase-fase
perkembangan
· Mahasiswa mampu menyebutkan faktor-faktor yang
mempengaruhi perkembangan
|
MASALAH
PERKEMBANGAN, TEORI DAN HUKUM PERKEMBANGAN
A.
Masalah perkembangan
B.
Teori perkembangan
C.
Fase-fase perkembangan
D.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
|
Ceramah,
tanya jawab, Brainstorming
|
Test
Lisan
|
160M
|
Abu Ahmadi
Dan Munawar Sholeh, 2005, Psikologi
Perkembangan, Jakarta:
Rineka Cipta.
Desmita, 2007, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja
Rosdakarya
|
Mahasiswa memahami hukum-hukum
perkembangan
|
· Mahasiswa mampu menjelaskan hukum konvergensi
· Mahasiswa mampu menjelaskan hukum tempo
perkembangan
· Mahasiswa mampu menjelaskan hukum masa peka
· Mahasiswa mampu menjelaskan hukum rekapitulasi
· Mahasiswa mampu menjelaskan hukum bertahan dan
mengembangkan diri
· Mahasiswa mampu menjelaskan hukum irama (ritme)
perkembangan
|
HUKUM
PERKEMBANGAN
A.
Hukum konvergensi
B.
Hukum tempo perkembangan
C.
Hukum masa peka
D.
Hukum rekapitulasi
E.
Hukum bertahan dan mengembangkan diri
F.
Hukum irama perkembangan
|
Diskusi kelompok, information
search, study group
|
Test
Tertulis
|
Zulkifli
L., 2005, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
|
||
Mahasiswa memahami masa-masa
perkembangan
|
· Mahasiswa mampu menyebutkan pembagian masa
perkembangan menurut Aristoteles
· Mahasiswa mampu menyebutkan pembagian masa
perkembangan menurut Comonius
· Mahasiswa mampu menyebutkan pembagian masa
perkembangan menurut Ch. Buhler
· Mahasiswa mampu menyebutkan pembagian masa
perkembangan menurut Kohnstamm
· Mahasiswa mampu menyebutkan pembagian masa
perkembangan menurut Oswald Kroh
· Mahasiswa mampu menyebutkan pembagian masa
perkembangan menurut Jean Piaget
|
MASA-MASA
PERKEMBANGAN
A.
Pembagian Aristoteles
B.
Pembagian Comonius
C.
Pembagian Ch. Buhler
D.
Pembagian Kohnstamm
E.
Pembagian Oswald Kroh
F.
Pembagian Jean Piaget
|
Information
search, aktive debate
|
Test lisan
|
Zulkifli
L., 2005, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
|
||
4
|
Mahasiswa memahami masa
perkembangan pada masa intra uterin dan masa perkembangan pada masa bayi
|
· Mahasiswa mampu menjelaskan masa intra uterin
· Mahasiswa dapat menguraikan sikap ibu terhadap
kehamilan
· Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai pengaruh
perkembangan pranatal
· Mahasiswa dapat mengenal proses kelahiran
· Mahasiswa mampu menjelaskan makna tangisan
pertama bayi
· Mahasiswa mampu menjelaskan aktivitas pada masa
bayi
|
MASA INTRA UTERIN DAN MASA BAYI
A.
Masa Intra uterin
B.
Sikap ibu terhadap kehamilan
C.
Pengaruh perkembangan pranatal
D.
Proses kelahiran
E.
Tangis pertama bayi
F.
Aktivitas masa bayi
|
Diskusi
kelompok dan tanya jawab, power of two, snow balling
|
Non Test
|
160menit
|
Abu Ahmadi
Dan Munawar Sholeh, 2005, Psikologi
Perkembangan, Jakarta:
Rineka Cipta.
Desmita, 2007, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Zulkifli
L., 2005, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
|
Mahasiswa mengetahui
perkembangan masa kanak-kanak
|
· Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan
tanggapan masa kanak-kanak
· Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan pikiran
masa kanak-kanak
· Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan daya
ingatan masa kanak-kanak
· Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan bahasa
masa kanak-kanak
· Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan perasaan
masa kanak-kanak
· Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan fantasi
masa kanak-kanak
· Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan sosial
masa kanak-kanak
· Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan moral
masa kanak-kanak
· Mahasiswa dapat menjelaskan masalah permainan
masa kanak-kanak
· Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan
keberagamaan masa kanak-kanak
|
PERKEMBANGAN MASA KANAK-KANAK
A.
Perkembangan tanggapan
B.
Perkembangan pikiran
C.
Perkembangan daya ingatan
D.
Perkembangan bahasa
E.
Perkembangan perasaan
F.
Perkembangan fantasi
G.
Perkembangan sosial anak
H.
Perkembangan moral
I.
Masalah permainan
J.
Perkembangan keberagamaan anak
|
Diskusi
kelompok, tanya jawab
|
Test
Lisan
|
Abu Ahmadi
Dan Munawar Sholeh, 2005, Psikologi
Perkembangan, Jakarta:
Rineka Cipta.
Desmita, 2007, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Zulkifli
L., 2005, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
|
||
Mahasiswa mengtahui perkembangan
pada masa sekolah
|
· Mahasiswa dapat menyebutkan syarat-syarat masuk
sekolah
· Mahasiswa dapat menyebutkan perkembangan
pengamatan pada masa sekolah
· Mahasiswa dapat menyebutkan perkembangan fantasi
anak pada masa sekolah
· Mahasiswa dapat menyebutkan gambar anak pada masa
sekolah
· Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan berfikir
anak pada masa sekolah
· Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan perasaan
anak pada masa sekolah.
· Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan rasa
sosial anak pada masa sekolah
· Mahasiswa mampu menjelaskan perekembangan kemauan
anak pada masa sekolah
|
PERKEMBANGAN MASA
SEKOLAH
A. Syarat-syarat
masuk sekolah
B. Perkembangan
pengamatan
C. Perkembangan
fantasi
D. Gambar
anak sekolah
E. Perkembangan
berpikir
F. Perkembangan
perasaan
G. Perkembangan
rasa sosial
H. Perkembangan
kemauan
|
Diskusi
dan tanya jawab
|
Test
Lisan
|
Abu Ahmadi
Dan Munawar Sholeh, 2005, Psikologi
Perkembangan, Jakarta:
Rineka Cipta.
Desmita, 2007, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Zulkifli
L., 2005, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
|
||
6
|
Mahasiswa mengetahui perkembangan
pada masa remaja serta pada masa adolesen
|
· Mahasiswa dapat menyebutkan masa-masa perkembangan
pada masa remaja
· Mahasiswa dapat menguraikan ciri-ciri remaja
· Mahasiswa dapat menjelaskan masa pueral
· Mahasiswa dapat menjelaskan prapubertas
· Mahasiswa mampu menjelaskan dan menyebutkan masa
pubertas
· Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian masa
adolesen
· Mahasiswa mampu menyebutkan tugas perkembangan
adolesen
|
PERKEMBANGAN MASA REMAJA
A.
Masa-masa perkembangan
B.
Ciri-ciri remaja
C.
Masa pueral
D.
Prapubertas
E.
Masa pubertas
F.
Masa adolesen
G.
Tugas-tugas perkembangan
adolesen.
|
Information search, the power
of two, snow bolling
|
160 M
|
Abu Ahmadi
Dan Munawar Sholeh, 2005, Psikologi
Perkembangan, Jakarta:
Rineka Cipta.
Desmita, 2007, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Zulkifli
L., 2005, Psikologi Perkembangan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hendriati
Agustiani, 2006, Psikologi Perkembangan, Bandung: Refika Aditama.
Mohammad
Ali Dan Mohammad Asrori, 2008, Psikologi Remaja, Jakarta: Bumi Aksara.
|
|
7
|
Mahasiswa mengetahui konsep
kepribadian dan perkembangan serta mampu mengukur kepribadian masing-masing
|
· Mahasiswa dapat menyebutkan perbedaan pengertian
kepribadian
· Mahasiswa mampu menjelaskan definisi kepribadian
· Mahasiswa mampu menjelaskan antara tempramen,
watak dan kepribadian
· Mahasiswa mampu menyebutkan tipe-tipe kepribadian
· Mahasiswa mampu mengukur kepribadian
· Mahasiswa mampu menjelaskan peran keluarga
sebagai pembentuk utama kepribadian
· Mahasiswa mampu menyebutkan aspek-aspek
kepribadian dengan benar
· Mahasiswa mampu menjelaskan antara kepribadian
dan perkembangan
|
KEPRIBADIAN DAN PERKEMBANGAN
A.
Perbedaan pengertian
kepribadian
B.
Definisi kepribadian
C.
Tempramen, watak dan
kepribadian
D.
Tipe-tipe kepribadian
E.
Mengukur kepribadian
F.
Keluarga sebagai pembentuk
utama kepribadian
G.
Aspek-aspek kepribadian
H.
Kepribadian dan perkembangan
|
Diskusi
dan tanya jawab
|
160 M
|
Abu Ahmadi Dan Munawar Sholeh, 2005, Psikologi Perkembangan, Jakarta: Rineka Cipta
|
Sangatta, Nopember 2013
Dosen
Pengampu
Satriah.M.Pd
0 Komentar
Penulisan markup di komentar