Pendidikan Kewarganegaraan ( Civic Education )

3:34:00 AM
Civic Education
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (CIVIC EDUCATION)

Tinjauan umum Civic Education
Menurut Zamroni Pendidikan Kewarganegaraan atau Civic Education adalah pendidikan demokrasi yang bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat berpikir kritis dan bertindak demokratis, melalui aktivitas menanamkan kesadaran kepada generasi baru kesadaran bahwa demokrasi adalah bentuk kehidupan masyarakat yang paling menjamin hak-hak warga masyarakat.


Sementara itu menurut Azyumardi Azra, Pendidikan Kewargaan adalah pendidikan yang membahas tentang pemerintahan, konstitusi, lembaga-lembaga demokrasi, rule of law, hak dan kewajiban warganegara, proses demokrasi, partisipasi aktif dan keterlibatan warganegara dalam masyarakat madani, pengetahuan tentang lembaga-lembaga dan system yang terdapat dalam pemerintahan, warisan politik, administrasi public dan sistem hukum, pengetahuan tentang proses seperti kewarganegaraan aktif, refleksi kritis, penyelidikan dan kerjasama, keadilan sosial, pengertian antar budaya dan kelestarian lingkungan hidup serta hak asasi manusia.    

Jadi, pendidikan kewargaan dan pendidikan kewarganegaraan pada satu sisi identik, akan tetapi pada sisi yang lain, istilah pendidikan kewargaan  secara substantif tidak saja mendidik generasi muda menjadi warganegara yang cerdas dan sadar akan hak dan kewajibannya dalam konteks kehidupan bermasyarakat dan bernegara yang merupakan penekanan dalam istilah pendidikan kewarganegaraan, melainkan juga membangun kesiapan warganegara menjadi warga dunia (global Society).

Civic education dapat diartikan juga sebagai pendidikan kewarganegaraan yang memiliki paradigma baru, yaitu pendidikan kewarganegaraan berbasis Pancasila.

TUJUAN CIVIC EDUCATION
Berdasarkan keputusan DIRJEN DIKTI No. 43/DIKTI/Kep/2006, tujuan pendidikan kewarganegaraan dirumuskan dalam visi, misi dan kompetensi sebagai berikut:
  1. Visi: merupakan sumber nilai dan pedoman dalam pengembangan dan penyelenggaraan program studi guna mengantarkan mahasiswa memantapkan kepribadiannya sebagai manusia seutuhnya.
  2. Misi: Untuk membantu mahasiswa memantapkan kepribadiannya,agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai Pancasila, rasa kebangsaan dan cinta tanah air, menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan rasa tanggung jawab dan bermoral.
Tujuan civic education adalah partisipasi yang bermutu dan bertanggung jawab dalam kehidupan politik dan masyarakat baik ditingkat lokal, maupun nasional. Partisipasi warga negara dalam masyarakat demokratis, harus didasarkan pada pengetahuan, refleksi kritis dan pemahaman serta penerimaan akan hak-hak serta tanggung jawab. Partisipasi semacam itu memerlukan:
1.      penguasaan terhadap pengetahuan dan pemahaman tertentu,
2.      pengembangan kemampuan intelektual dan partisipatoris,
3.      pengembangan karakter atau sikap mental tertentu, dan
4.      komitmen yang benar terhadap nilai dan prisip fundamental demokrasi.
Dalam civic education mengembangkan tiga komponen utama:
1.      pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge),
2.      kecakapan kewarganegaraan (civic skills), dan
3.      watak-watak kewarganegaraan (civic dispositions).

Download makalah tentang Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education)

Silahkan Download link diatas untuk membaca secara lengkap 

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔