Tanggung Jawab Negara Terhadap Pendidikan

6:05:00 PM
Tanggung jawab Pemerintah
Tanggung Jawab negara Terhadap Pengembangan pendidikan
Kita tahu bahwa sampai saat ini pemerintah terus berkerja keras untuk meningkatkan SDM, melalui pengembangan pendidikan yang dimana peserta didik di persiapkan agar mampu bersaing. Nah terus bagaimana tanggung jawab pemerintah dalam mengembangkan pendidikan?
Bagaimana dengan tanggung jawab Negara terhadap pengembangan pendidikan ?

Uraian diatas bukan bermaksud untuk mengurangi tanggung jawab pemerintah sebagai penyelenggara Negara dalam bidang pendidikan. Sebagaimana diamanatkan oleh UU Sisdiknas 2003 bahwa pemerintah dan pemerintah daerah juga berhak mengarahkan, membimbing, membantu dan mengawasi penyelenggaraan pendidikan serta berkewajiban memberikan layanan dan kemudahan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu bagi setiap warga Negara tanpa diskriminasi. Pemerintah dan pemerinmtahan daerah juga wajib menjamin tersedianya dana guna terselenggaranya pendidikan bagi setaip warga Negara dari usia 7-15 tahun. Lebih dari itu, sebenarnya peluang bagi orang tua / warga dan kelompok masyarakat masih sangatlah luas.( Baca Juga http://blockingkampus.blogspot.co.id/2016/01/studi-kasus-analisis-produk-lembaga.html )
Untuk itu , maka dalam kondisi kualitas layanan dan output pendidikan sedang banyak dipertanyakan mutu dan relevansinya, maka pemerintah seharusnya memberikan peluang yang luas bagi partisipasi masyarakat. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Suryadi Prawirosentono {2002 : 12} bahwa ada 6 hal yang bisa mempengaruhi produk dan salah satunya adalah SDM. SDM kita ibaratkan sebagai kelompok masyarakat, yang mana bisa membawa pengaruh pendidikan yang ada dalam sebuah Negara.
Lebih dari itu, pemerintah perlu menyusun mekanisme sehingga orang tua dan kelompok-kelompok masyarakat dapat berpartisipasi secara optimal dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.

A.    Simpulan
Keikutsertaaan kelompk-kelompok/ warga masyarakat dalam hal yang berhubungan dengan pengembangan pendidikan Pengembangan pendidikan sebenarnya sudah dimulai sejak ia lahir yakni keluarga karena keluarga adalah lembaga pendidikan yang pertama dan utama. Dan akhirnya muncul lembaga- lembaga pendidikan atau orang menyebutnya dengan sekolah hingga sekarang.
Dengan Musyawarah atau pembentukan kelompok . Namun kita juga bisa mengunakan cara-cara lain sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada dalam lembaga-lembaga pendidikan yang ada dalam wilayah-wilayah tertentu.
B.     Saran
Sebagai kelompok masyarakat yang baik kita juga perlu mengetahui laju perkembangan pendidikan yang ada di Negara kita Mempunyai kemauan dan tekad untuk memajukan Negara dengan pendidikan Berusaha mempunyai kemampuan untuk mewujudkan memajukan pendidikan bersama Selalu optimis untuk menjadikan pendidikan di negara kita menjadi yang terbaik Selalu bekerjasama/gotong royontg membangun pendidikan di negara kita.



Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔