Minimnya Fasilitas dan aksebilitas Bagi penyandang Difabel

11:06:00 PM
Minimya Fasilitas dan aksebilitas Bagi penyandang Difabel
Fasilitas dan aksibilitas pendidikan masih menjadi persoalan bagi penyandang disabilitas di Kota Yogya. Meski kota ini sudah menyandang sebagai kota inklusi, namun belum semuanya sekolah di Yogya menyediakan sarana dan prasarana yang ramah difabel.

Minimnya fasilitas dan aksebilitas ini diungkapkan oleh beberapa komunitas penguatan hak-hak disabilitas saat beraudiensi dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogya, Senin (15/2/2016).

“Aksibilitas pendidikan bagi disabilitas masih bermasalah,” kata Ketua Forum Hak Penyandang Disabilitas Kota Yogya, Arni Suwarni. Arni mengungkapkan sejumlah persoalan aksibilitas pendidikan bagi disabilitas di antaranya, masih adanya penolakan di beberapa sekolah saat kaum disabilitas akan mendaftar sekolah.

Ada beberapa sekolah yang menerima disabilitas namun tidak didukung dengan sarana dan prasarana yang memudahkan bagi disabilitas.

Kemudian, di beberapa sekolah inklusi yang dia temukan banyak keluhan kurangnya guru pendamping bagi disabilitas. Pihak sekolah terkadang harus meminjam guru pendamping bantuan dari sekolah luar biasa (SLB). “Kesannya sekolah SLB tak serius. Sekenanya asal jalan,” papar Arni.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogya, Edy Heri Suasana mengatakan kritikan terkait persoalan aksibilitas pendidikan bagi penyandang disabilitas menjadi masukan.

Dalam waktu dekat pihaknya juga akan membahas raperda disabilitas dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). “Masukan ini sangat berarti dalam penyusunan raperda,” kata dia

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔