Perwakilan Stais Masuk 4 penulis terbaik Bimbingan Teknik Jurnalistik, Bagian Humas Pemkab Kutim, Provinsi Kalimantan Timur

4:13:00 PM
Hasil karya Tulis (Saifurrochman al-Fakir)
 
Sungai Sangatta dijadikan warga sebagai tempat untuk membuang sampah dari dulu. Kesadaran warga untuk menjaga kebersihan sungai dan kurangnya pengetahuan bagaimana mengelola sampah yang ramah lingkungan.
Sampah – sampah tersebut hanyut terbawa arus sungai menuju ke arah hilir dan sampah tersebut tidak akan terurai ataupun busuk. Terkadang sampah tersebut kembali naik ke arah hilir karena pasangnya air laut. Jika air laut surut sampah – sampah  tersebut ikut hanyut begitu seterusnya jika  tidak di angkat dari sungai dan dikelola dengan baik.


Sungai Sangatta merupakan sungai yang  membatasi antara Kecamatan Sangatta Utara dan Kecamatan Sangatta Selatan. Sungai tersebut juga merupakan jalur transportasi bagi para nelayan untuk mencari ikan atau mengangkut hasil tangkapan ikan dilaut. Di bantaran sungai terdapat pemukiman yang padat, baik itu berupa perkampungan ataupun pasar tradisional. Dari pemukiman tersebut sudah barang tentu menghasilkan sampah, baik itu berupa sampah rumah tangga, ataupun sampah dari pasar.
Permasalahan sampah merupakan hal yang tidak bisa dianggap sepele, karena sampah mencemari lingkungan, terlebih mencemari air sungai yang tidak sedikit warga yang menggunakan air sungai untuk keperluan mandi atau mencuci. Warga yang sadar akan kebersihan sungai menyayangkan kenapa warga bantaran sungai terus saja membuang sampah sehingga mengotori sungai. “saya sering terganggu dengan adanya sampah di sungai ini pak, sampah sering tersangkut di baling-baling mesin saat melayani penyebrangan sehingga mesin menjadi mati” Ujar Andi supir prahu (ponton, red) penyebrangan saat ditemui Wartawan news kemarin sore. (2/12/2015). (Saifurrochman al-Fakir )

Sumber : Tribun Kaltim

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔