Makalah tentang tafsir bil riwayat dan bil matsur

12:02:00 AM

Makalah tentang tafsir bil riwayat dan bil matsur
          BAB I
  PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Al Qur’an adalah kitab suci yang menjadi pedoman hidup umat Islam. di dalamnya terdapat petujuk hidup yang berkaitan dengan hubungan vertical individu dengan Tuhan maupun hubungan horizontal manusia. Tidak hanya itu, dalam al Qur’an juga terdapat berbagai informasi tentang spektrum histori,ekonomi, sosial, saintifika, dan sebagainya.
Oleh Karena itu, umat Islam menjadikannya ajaran syariat Islam.
dalam sejarahnya, semenjak diturunkan hingga sekarang al Qur’an telah banyak ditafsirkan dan menghasilkan banyak karya tafsir. Karya-karya tafsir mereka tidak pernah sama antara satu mufassir dengan mufassir lainnya. Terlepas dari perbedaan tersebut, bentuk tafsir yang sering digunakan oleh para mufassir adalah bentuk al-ma’tsur (riwayat).

Ilmu tafsir itulah yang bisa dipakai untuk menguraikan maksud yang
terkandung dalam ayat -ayat Alquran, mengingat Alquran diturunkan selain dengan gaya bahasa yang sangat tinggi, juga terdapat ayat-ayat yang
muhkam (makna yang dapat diketahui dengan jelas) dan mutasyabih (sesuatu yang hanya diketahui oleh Allah SWT, mutasyabih juga mengandung maksud ayat yang mungkin dapat ditakwilkan dengan banyak pentakwilan).
Dalam hal ini para ulama sering mengklaim bahwa Alquran diturunkan dengan kalimat yang ringkas namun membawa unsur-unsur uslub (bahasa) yang padat makna sehingga membuat para ahli bahasa zaman dahulu bahkan sampai sekarang tidak mampumenandingi Alquran. Selain itu juga tidak setiap orang memiliki kompetensi untuk menafsirkan Alquran.
Seperti telah diketahui bersama, bahwa penafsiran Al quran sudah dan telah dimulai sejak masa Nabi SAW, karena beliaulah sebagai mufassir awal terhadap kitab Allah. Selanjutnya penafsiran mengalami periodesasi yang cukup panjang hingga sekarang dan yang akan datang, sehingga sampai pada corak dan 

Silahkan DOWNLOAD link ini untuk membaca secara lengkap makalah tentang
TAFSIR BIL RIWAYAT / BIL MA’TSUR

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔