Makalah Pengertian prestasi belajar

9:59:00 PM
A.      Pengertian prestasi belajar
Pertasi belajar yang penulis maksud di sini adalah hasil belajar yang di tempuh oleh siswa, hal ini sesuai dengan prestasi belajar yang di kemukakakn oleh W.J.S. Poerwadarminta, bahwa prestasi belajar merupakan hasil yang telah dicapai ( dilakukan atau dikerjakan ). Bentuk-bentuk prestasi ini bisa berupa nilai-nilai hasil belajar akademik dan prestasi non akademik.
Prestasi belajar adalah nilai-nilai siswa hasil evakuasi yang di u
jikan oleh guru atau pihak sekolah, yaitu dapat berupa nilai evaluasi harian, tugas rumah, pertengahan semester dan nilai semester. Ke semua nilai itu diakumulasikan ke dalam sebuah rapor. Nili-nilai dari lapor inilah yang menjadi sumber dari penelitian ini. Sedangkan prestasi non akademik adalah prestasi yang di dapatkan oleh siswa yang di karenakan keaktifannya dalam mengikuti kegiatan sekolah.
                Dalam penelitian ini penelitian akan melakukan penelitian terhadap prestasi akademik siswa yaitu keseluruhan mata pelajaran siswa dari nilai yang di rapor siswa.  Karena penulis berasumsi bahwa jika ada perbedaan prestasi yang disebabkan oleh kelengkapan orang tua, maka akan mempengaruhi seluruh mata pelajaran, baik itu mata pelajaran keagamaan maupun mata pelajaran yang bersifat umum.
                Untuk lebih jelasnya dari judul penelitian yang di teliti maksud ini adalah ingin mengetahui adakah pengaruh perbedaan prestasi hasil belajar siswa yang berupa nilai akademik berdasarkan kelengkapan orang tua di MTs Nurul Hikmah Sangatta Utara[1]












A.      Pengertian Prestasi Belajar
Prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar,karena kegiatan belajar merupakan proses, sedangkan prestasi merupakan hasil dari proses belajar. Memahami pengertian prestasi belajar secara garis besar harus bertititk  tolak kepada pengertian belajar itu sendiri.[2]
1.       Prestasi merupakan suatu hasil yang dapat di capai seseorang dalam berfikir dari apa yang telah dilaksanakan. Jadi prestasi dapat diatikan hasil yang di peroleh karena aktifitas belajar yang telah di lakunkan
2.       Belajar
Dalam kegiatan pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan belajar, karena belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu pembaharuan tingkah yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.











Kemudian belajar menurut pengertian kata dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai “ berusaha memperoleh kepandaian ( Ilmu dan sebagainya ) dengan menghafal  ( melatih diri dan sebagainnya )”.                Dilihat dari pengertian bahwa belajar selau di lakukan dengan sengaja, yaitu memperoleh kepandaian, keterampilan dan kecakapan khusus.
                Sedangkan pengertian menurut istilah, didefinisikan berbeda-beda oleh para ahli, sesuai dengan disiplin ilmu masing masing.
                Adapun pengertian belajar menurut istilah yang di kemukakan para ahli sebagai berikut :
a)      Menurut Hilgard di katakan sebagai berikut :
“belajar adalah prosos yangt melahirkan atau mengubah suatu kegiatan melalui jalan latihan.
b)      Menurut Drs. Slameto disebutkan bahwa :
“ belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman indidvidu itu sendiri  dalam interaksi dengan lingkungan”











c)       Menurut Ahli Belajar Modern di kemukakakn perbuatan belajar sebagai berikut :
“belajar adalah suatu bentuk pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan.
d)      Menurut WS. Winkell di rumuskan sebagai berikut :
“Belajar adalah suatu aktifitas mental/psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungannya yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap. Perubahan itu bersifat secara relatif dan berbekas.
e)      Menurut L. Crow dan A. Crow di rumuskan sebagai berikut :
“learning is a change in performance as result of practice.
f)       Menurut Mack Duglas :
“learning is to observe to read to imitate, to try come thing theme selves, to listen, to follow di rection.
Dari beberapa definisi telah di kemukakan dapat kami tambahkan bahwa segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia tidak dapat terlepas dari pada kegiatan belajar dan belajar adalah merupakan salah satu jalan yang di tempuh untuk memperoleh ilmu pengetahuan, baik yang di terima atas usahanya sendiri maupun sebagai akibat interaksi individu dengan lingkungannya. Sehingga pengetahuan tersebut membawa perubahan kemampuan intelektual sikap mental maupun keterampilan lainnya.
Prestasi Belajar
        Prestasi belajar yang penulis maksud kami di sini merupakan hasikl belajar yang di tempuh oleh siswa, hal ini sesuai dengan pengertian prestasi belajar yang di kemukakan oleh W.J.S. Poerwadarminata, bahwa prsetasi belajar merupakan hasil yang telah di capai ( dilakukan atau dikerjakan).
        Jadi prestasi belajar baik itu prestasi akademik maupun non akademik, merupakan suatu prestasi yang mutlak di penuhi oleh seorang siswa. Dengan memperoleh suatu prestasi, maka seorang siswa akan bisa mengukur sejauh mana kemampuan siswa tersebut.
                               









[1] WJS. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, ( Jakarta : Nilai Pustaka, 1984), h.786
[2] Ridwan, Kegiatan Belajar dan prestasi, http ://www.wordpress.com., 04 Februari 2009
3 Yafi’i Mansyur, Kamus Bahasa Inggris Indonesia., ( jakarta : Balai pustaka, 1976), h. 26

Share this :

Previous
Next Post »
2 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔