Mengukir ekspresi dikampus

7:11:00 AM
           
Mengukir ekspresi dikampus
Ekspresi 
Seseorang yang hidupnya biasa-biasa saja bukanlah seorang mahasiswa, seseorang yang hidupnya seperti air mengalir, mengikuti arus tanpa arah dan tujuan yang jelas bukanlah seorang mahasiswa. Kenapa? karena seorang mahasiswa dimata masyarakat adalah seorang yang berilmu pengetahuan tinggi, serba bisa dan orientasi hidupnya jelas. Bagaimana mungkin seorang yang memiliki orientasi dan tujuan yang jelas menjalani hidup dengan biasa-biasa saja.
            Sering kita temukan seorang mahasiswa yang menjalani aktivitas kuliahnya dengan begitu-begitu saja. Ia datang ke kampus, duduk dikelas, menerima kuliah, lalu pulang kembali ke rumah atau kostannya. Begitukah aktivitas mahasiswa yang sebenarnya? Tentu TIDAK saya katakan. Seorang mahasiswa, khususnya mahasiswa calon guru seperti dikatakan sebelumnya merupakan sosok yang dianggap serba bisa oleh masyarakat. Untuk merealisasikan hal tersebut tentu saja tidak bisa dicapai dengan hanya datang, duduk, diam dan pulang saja ketika dikampus, aktivitas demikian terlalu biasa bagi seorang mahasiswa. Seorang siswa SMP atau SMA pun seringkali melakukan hal tersebut.(baca juga Partisipasi Masyarakat dalam pendidikan)
            Kenapa hal ini kemudian dibahas dalam tulisan ini, karena ini memang sangat penting untuk merubah paradigma mahasiswa bahwa kita kuliah tidak hanya untuk dijejali dengan berbagai mata kuliah tetapi untuk mengembangkan diri kita dengan berbagai pengalaman dan keterampilan. Akan dirasa sangat kurang apabila seorang mahasiswa yang memiliki ilmu pengetahuan tinggi tetapi tidak memiliki pengalaman dan keterampilan. Lalu bagaimana caranya untuk dapat menguasai ketiganya? Ada banyak cara, seperti mengikuti berbagai organisasi dikampus, mendapatkan pekerjaan freelance seperti privat, magang, bahkan jika memungkinkan dapat membuka peluang usaha walaupun itu kecil-kecilan.
            Jika memang seorang mahasiswa tidak mengikuti kegiatan diluar kuliah karena ingin memfokuskan diri dan pikirannya kepada kuliahnya memang tidak salah, jika ia memang dapat membuktikannya dengan mendapatkan hasil IP yang tinggi disetiap semester. Walaupun memang tidak semua dampak akan terlihat pada hasil akhir, namun dengan menunjukkan suatu hasil yang lebih baik dari orang lain dengan hanya memfokuskan diri pada kuliah merupakan hal yang penting agar memang keinginan untuk fokus kuliah tidak dianggap hanya sebuah alasan untuk tidak mengikuti organisasi.
            Adapula mahasiswa yang senang sekali berorganisasi bahkan mengambil beberapa organisasi yang ia minati. Ini bukanlah suatu hal yang salah namun perlu diingat orientasi pertama dan yang paling utama seorang mahasiswa yaitu mengikuti proses perkuliahan hingga tuntas tanpa terganggu oleh kegiatan lain apalagi organisasi. Mungkin inilah yang ditakutkan oleh beberapa kalangan mahasiswa. Seorang mahasiswa yang mengikuti berbagai macam organisasi memang akan menjadi lebih sibuk dari mahasiswa yang lain, namun pada saat inilah ia akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang tidak akan didapatkan diperkuliahan, seperti ilmu tentang kepemimpinan, manajemen, dan lain sebagainya.
            Selain itu sering kita melihat mahasiswa yang mempunyai kreativitas membuka peluang usaha. Misalnya berjualan makanan, keperluan kuliah, bahkan magang untuk mengisi waktunya. Tujuannya bukan hanya untuk dapat memiliki penghasilan lebih tetapi juga untuk memiliki pengalaman bagaimana dunia kerja sebelum terjun langsung kedalam masyarakat. Dari usaha-usaha seperti ini pun dapat melatih dan mengembangkan potensi enterpreneur yang dimiliki mahasiswa.
            Ketiga hal diatas memang tidak mudah, banyak mahasiswa yang kesulitan untuk hanya fokus kuliah demi mendapatkan hasil yang baik, apalagi jika ditambah dengan berorganisasi atau membuka usaha. Tapi jika dilakukan secara baik dan benar akan banyak manfaat yang bisa diambil. Pada saat itulah ketika kita mendapatkan kesuksesan hasil dari jerih payah yang telah dilakukan akan muncul kebanggaan tersendiri dari dirinya maupun pihak lain baik itu keluarga maupun instansi atau lembaga yang menaungi mahasiswa yaitu kampus. Ketika kita dapat meraih kesuksesan karena menjalani hidup yang tidak biasa ini secara tidak langsung kita menambah nilai plus untuk diri, keluarga dan lembaga. Semakin suksesnya diri kita, akan semakin indah ekspresi wajah kampus yang dipenuhi dengan kebanggaan. Sebenarnya tergantung kita akan mengukir ekspresi apa diwajah kampus, hanya saja setiap mahasiswa tentu menginginkan untuk mendapat kebanggaan tersendiri khususnya dari orang-orang terdekat, salah satunya dilingkungan kampus. Hal ini tentu membutuhkan semangat dan usaha yang luarbiasa, yang tidak sama dengan semangat dan usaha orang-orang biasa. Dukungan dari orang-orang terdekat juga menjadi suatu hal yang penting untuk meraih kesuksesan tersebut. Orang yang bersungguh-sungguh akan mendapatkan keberhasilan. Manjadda wajada.

Maka dari itu, berhentilah menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja, beranjaklah menjadi mahasiswa yang luar biasa. 

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔