Makalah Psikologi agama

4:09:00 AM


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Kepribadian dalam khasanah peradaban dan pemkiran Islam telah mendapatkan posisi yang penting meski tidak pernah disebut teori. Konsep-konsep kepribadian tersebut semuanya berbahan buku yang sama, yaitu dua raja dalil ( Al-Qur’an dan Al-Hadits). Penafsiran keduanya menjadi karya-karya tulis yang luar biasa. Memang tidak mudah untuk menyusun teori alternatif bagi teori kepribadian. Belajar dari teori-teori kepribadian yang ditawarkam psikologi kontemporer.
Sebenarnya tidak pantas untuk menyandingkan firman Allah dan sabda Rasulullah SAW dengan kata-kata keilmuan psikologi, terutama psikologi barat. Tetapi selama ilmu itu bersifat eksakta dan sains murni maka ia merupakan bagian dari sunatullah yang boleh di sadur sebagai khasanah kekayaan intelektual.


B.     Rumusan Masalah
1.      Apakah Pengertian kepribadian
2.      Apa saja tipe-tipe kepribadian
3.      Bagaimanakah hubungan kepribadian dan sikap keagamaan
4.      Seperti apakah dinamika kepribadian

C.    Tujuan Masalah
1.      Untuk memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Agama
2.      Memahami hubungan antara kepribadian dan sikap agama
3.      Memberikan suatu wawasan yang baik dalam mengetahui ilmu keagamaan


BAB II
PENDAHULUAN

A.    Pengertian dan Teori Kepribadian
Dalam istilah-istilah yang dikenal dalam kepribadian adalah :
1.             Mentality, yaitu suatu mental yang dihubunkan dngan kegiatan mental atau intelektual. Pengertian secara definitif yang dikemukakan dalam Oxford Dictionary :
Mentality     = Intellectual Power.
                    = Integrated activity of the organism.
2.             Personality, menurut Wibters Dictionary, adalah :
a.       The totality of personality’s characteristic.
b.      An integrated group of constitution of trends behavior tendencies act.
3.             Individuality adalah sifat khas seseorang yang menyebabkan seseorang mempunyai sifat berbeda dari orang lainya.
4.             Identity yaitu sifat kedirian sebagai suatu satu kesatuan dari sifat-sifat mempertahankan dirinya terhadap sesuatu dari luar (Unity and persistance of personality).

Selanjutnya berdasarkan pengertian dari kata-kata tersebut, beberapa ahli mengemukakan definisinya sebagai berikut :
a.              Allport
Dengan mengecualikan beberapa sifat kepribadian dapat dibatasi sebagai cara bereaksi yang khas dari seseorang individu terhadap perangsang sosial dan kualitas penyesuaian diri yang dilakukannya terhadap segi sosial dari lingkungannya.
b.             Mark A. May
Apa yang memungkinkan seseorang berbuat efektif atau memungkinkan seseorang mempunyai pengaruh terhadap orang lain. Dengan kata lain kepribadian adalah nilai perangsang sosial seseorang.
c.              Woodwort
Kualitas dari tingkah laku seseorang.
d.             Morisson
Keseluruhan dari apa yang dicapai seseorang individu dengan jalan menampilkan hasil-hasil kultural dari evolusi sosial.
e.              Hartmann
Susunan yang terintegritaskan dari ciri-ciri umum seseorang individu sebagaimana dinyatakan dalam corak khas yang tegas yang diperlihatkannya kepada orang lain.
f.              L.P Thorp
Sinonim dengan pikiran tentang berfungsinya seluruh individu-individu secara organisme yang meliputi seluruh aspek yang secara verbal terpisah-pisah seperti: Intelek, watak , motif dan emosi, minat, kesediaan untuk bergaul dengan orang lain (sosialias) dan kesan individu yang ditimbulkanya pada orang lain serta efektivitas sosial pada umumnya.
g.             C.H Judd:
Hasil lengkap serta merupakan suatu keseluruhan dari proses perkembangan yang telah dilalui individu.
h.             Wetherington
Dari seluruh definisi yang telah dikemukakan diatas wetheringthon menyimpulkan, bahwa kepribadian mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1.      Manusia karena keturunannya mula sekali hanya merupakan individu dan kemudian barulah merupakan suatu pribadi karena pengaruh belajar dan lingkungan sosialnya.
2.      Kepribadian adalah istilah untuk menyebutkan tingkah laku seseorang secara terintegrasikan dan bukan hanya beberapa aspek saja dari keseluruhan itu.
3.      Kata kepribadian menyatakan pengertian tertentu saja yang ada pada pkiran orang lain dan isi pikiran itu ditentukan oleh nilai perangsang sosial seseorang.
4.      Kepribadian tidak menyatakan sesuatu yang bersifat statis, seperti bentuk badan atau ras tetapi menyertakan keseluruhan dan kesatuan dari tingkah laku seseorang.
5.      Kepribadian tidak berkembang secara pasif saja, setiap orang mempergunakan kapasitasnya secara aktif untuk menyesuaikan diri kepada lingkungan sosial.

Selanjutnya dari sudut filsafat dikemukakan pendapat: 
1)        William Stern
Menurut W.Stern kepribadian adalah suatu kesatuan banyak (Unita multi compleks) yang diarah kan kepada tujuan-tujuan terentu dan mengandung sifat-sifat khusus individu, yang bebas menentukan dirinya sendiri.
Dalam uraian selanjutnya ia mengemukakan ciri-ciri kepribadian:
a.    Kesatuan banyak: Mengandung unsur-unsur yang banyak dan tersusun secara hierarki dari unsur yang berfungsi tinggi ke unsur yang rendah.
b.    Bertujuan: mempunyai tujuanyang erdiri dari mempertahankan diri dan mengembangkan diri.
c.    Individualitas: Merdeka untuk menentukan dirinya sendiri dan kesadaran tidak termasuk ke dalamnya.
d.   Berdasarkan pendapat ini W.Stern menganggap bahwa Tuhan juga termasuk suatu pribadi, karena Tuhan menurutnya mempunyai tujuan dalam diri Nya dan tidak ada tujuan lain di atas Nya.
2)      Prof. Kohnstamm
Ia menentang pendapat W. Stern yang meniadakan kesadaran dalam pribadi terutama pada Tuhan. Menurut Kohnstamm Tuhan merupakan pribadi yang menguasai alam semesta. Dengan kata lain kepribadian sama artinya dengan teistis (Keyakinan). Orang yang berkepribadian menurutnya adalah orang yang berkeyakinan ke-Tuhanan.

Selanjutnya dari pendapat yang dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa dalam pribadi seseorang terkumpul beberapa aspek yang terintegrasikan, berupa:
1.      Keyakinan hidup yang dimiliki seseorang: Filsafat, keyakinan, cita-cita, sikap dan era hidupnya.
2.      Keyakinan mengenai diri: perawakan jasmani, sifat psikis, intelegensi, emosi, kemauan, pandangan terhadap orang lain, kemampuan bergaul, kemampuan memimpin, dan kemampuan bersatu.
3.      Keyakinan mengenai kemampuan diri: status diri dalam keluarga dan masyarakat, status sosial berdasarkan keturunan dan historis.

Manusia melaksanakan perbuatanya untuk memenuhi naluri-naluri dan kebutuhan jasmaninya. Perkumpulan perbuatan-pernuatan tersebut adalah tingkah laku manusia. Tingkah laku ini bergantung pada pemahaman-pemahaman atau (mafahim) manusia tentang segala sesuatu (asyya’), aktivitas dan kehidupan. Tingkah lakulah yang menunjukkan kepribadian manusia, sedangkan tampan, postur tubuh, warna kulit atau jenis kelamin itu tidak menentukan kepribadian.
Kepribadian adalah metode berfikir manusia terhadap realita. Kepribadian juga merupakan kecenderungan-kecenderungan manusia terhadap realita.
Kepribadian yang khas adalah kepribadian dimana pola pikir dan pola jiwa pemiliknya terdiri dari satu jenis. Lalu kecenderungan nya tunduk kepa dan kecenderungannya, maksudnya pola jiwa nya tunduk pada pola pikirnya. Ia cenderung pada segala sesuatu (benda) dan perbuatan sesuai dengan pemahaman-pemahamannya dalam memenuhi naluri dan kebutuhan jasmaninya dengan mensetandarkan pada standar pemikiran dasar (ideologi).
Kepribadian yang khas ini tidak terwujud kecuali dengan kepribadian yang berideologi (mabda’iyah) seperti kepribadian islam, kepribadian kapitalisme, dan kepribadian komunisme karena pola pikir dan pola jiwa setiap kepribadian tersebut standarnya pada pemikiran dan kecenderungan nya yaitu aqidah aqliyah yang memancarkan sistem untuk mengatur semua interaksi manusia inilah yang dinamakan ideologi.
Kepribadian tidak khas adalah pola pikirnya berbeda dengan pola jiwanya, kepribadian yang tidak khas ini tumbuh pada seseorang ketika standar yang membangun pemikirannya berbeda dengan standar yang membangun kecenderungan nya.
Orang-orang yang memilki kepribadian tidak khas, tingkah laku mereka selalu tampak gelisah dan kacau, karena pemikiran mereka adalah bukan kecenderungan mereka.
Kepribadian yang tidak khas terkadang menjadi kepribadian kacau. Memilik kepribadian yang tidak khas ini tidak membuat kaidah-kaidah yang tetap untuk pola pikir dan pola jiwanya. Jadi pemikiran dan kecenderungan nya terhadap segala seseuatu dan perbuatan saling berselisih, kontradiksi, berbeda-beda dan terpengaruh oleh lingkungan dari waktu ke waktu.
Kepribadian tidak khas terkadang stagnan. Orang yang memiliki kepribadian tersebut menjadikan sebuah kaidah atau kaidah-kaidah yang kokoh untuk menghukumi perbuatan dan segala sesuatu (benda-benda) yang terindra olehnya.

B.     Tipe-tipe Kepribadian
Secara garis besarnya pembagian kepribadian manusia ditinjau dari berbagai aspek :
1.        Aspek biologis
Aspek biologis yang mempengaruhi tipe kepribadian seseorang ini didasarkan atas konstitusi tubuh dan bentuk tubuh yang dimiliki seseorang, tokoh-tokoh yang mengemukakan teorinya bedasarkan aspek biologis ini antaranya:
a.         Hippocrates dan Galenus
Mereka berpendapat, bahwa yang mempengaruhi tipe kepribadian seseorang adalah jenis cairan tubuh yang paling dominan, yaitu:
1)        Tipe choleris
Tipe ini disebabkan cairan empedu kuning yang dominan dalam tubuhnya. Sifatnya agak emosi: mudah marah mudah tersinggung.
2)      Tipe Melancholis
Tipe ini disebabkan cairan empedu hitam yang dominan dalam tubuh nya. Sifatnya agak tertutup : rendah diri, mudah sedih, sering putus asa.
3)      Tipe Plegmatis
Tipe ini dipengaruhi oleh cairan lendir yang dominan. Sifat yang dimilikinya agak statis: Lamban, apatis, pasif, pemalas.
4)      Tipe Sanguinis
Tipe ini dipengaruhi oleh cairan darah merah yang dominan. Sifat yang dimilkinya agak aktif, cekatan, periang, mudah bergaul.
b.        Cretchmer
Dalam membagi tipe wataknya Cretchmer mendasarkan pada bentuk tubuh seseorang, yaitu :
1)        Tipe Astenis (Litosome)
Yaitu tipe orang yang memiliki tubuh tinggi, kurus, dada sempit dan lengan kecil.
2)        Tipe Piknis
Yaitu tipe orang yang memiliki bentuh tubuh gemuk bulat. Sifat yang dimilikinya antaralain : Periang, mudah bergaul dan suka humor.
3)        Tipe Atletis
Yaitu Tipe orang yang memiliki bentuk tubuh tubuh atlit tinggi, kekar dan berotot, sifat-sifat yang dimiliki antara lain: mudah menyesuaikan dri, berpendrian teguh dan pemberani.
4)        Tipe Displastis
Yaitu Tipe manusia yang memiliki bentuk tubuh campuran. Sifat yang dimiliki tipe ini adalah sifat yang mudah terombang ambing oleh situasi sekelilingnya. Oleh karena itu di istilahkan Cretchmer tipe ini adalah tipe orang yang tidak mempunyai ciri kepribadian yang mantab.

c.         Sheldon
Sheldon membagi tipe kepribadian berdasarkan dominasi lapisan yang berada dalam tubuh seseorang. Berdasar aspek ini ia membagi tipe kepribadian menjadi:
1)        Tipe Ektomorph, yaitu tipe orang yang berbadan kurus tinggi, karena lapisan badan bagian luar yang dominan. Sifatnya antara lain suka menyendiri dan kurang bergaul pada masyarakat.
2)        Tipe Mesomorph, yaitu tipe orang yang berbadan sedang dikarenakan lapisan tengah yang dominan. Sifat orang tipe ini adalah: giat bekerja dan mampu mengatasi sifat agresif.
3)        Tipe Endomorph, yaitu tipe orang yang berbadan gemuk, bulat dan anggota badan yang pendek, karena lapisan dalam tubuhnya yang dominan. Sifat tipe orang ini adalah: kurang cerdas, senang makan, suka dengan kemudahan yang tidak banyak membawa resiko dalam kehidupan.

2.      Aspek Sosiologis
Pembagian ini didasarkan pada pandangan hidup dan kualitas sosial seseorang. Yang mengemukakan teorinya berdasarkan aspek sosiologi ini antara lain:
a.         Edward Spranger.
Ia berpendapat bahwa kepribadian seseorang ditentukan oleh pandangan hidup mana yang dipilihnya. Berdasarkan hal itu ia membagi tipe kepribadian menjadi:
1)        Tipe Teoritis, Orang yang perhatianya selalu diarahkan kepada masalah teori dan nilai-nilai: ingin tahu, meneliti dan mengemukakan pendapat.
2)        Tipe Ekonomis, Orang yang perhatianya tertuju kepada manfaat segala sesuatu berdasarkan faidah yang dapat mendatangkan untung rugi.
3)        Tipe Esthetis, Orang yang perhatianya selalu diarahkan kepada masalah-masalah keindahan.
4)        Tipe Sosial, Orang yang perhatianya selalu diarahkan kepada kepentingan masyarakat dan pergaulan.
5)        Tipe Politis, Orang yang perhatianya selalu diarahkan kepada kepentingan kekuasaan, kepentingan dan Organisasi.
6)        Tipe Religius, Orang yang perhatianya selalu diarahkan kepada ketaatan pada agama. Senang dengan masalah-masalah ketuhanan dan keyakinan agama.

b.      Murray
Murray membagi tipe kepribadian:
1)        Tipe Teoritis, yaitu orang yang menyenangi ilmu pengetahuan, berpikir logis dan rasional.
2)        Tipe Humanis, yaitu tipe orang yang memiliki sifat kemanusiaan yang mendalam.
3)        Tipe Sensasionis, yaitu tipe orang yang suka sensasi, berkenalan.
4)        Tipe Praktis yaitu tipe orang yang giat bekerja dan mengadakan praktek.

c.       Fritz kunkel
Fritz kunkel membagi tipe kepribadian menjadi:
1)        Tipe Sachelichkeit, yaitu tipe orang yang banyak menaruh perhatian terhadap masyarakat.
2)        Tipe Ichhaftigkeit, yaitu tipe orang yang menaruh perhatianya kepada kepentinganya sendiri.
Menurut Fritz kunkel antara Tipe Sachelichkeit dan Tipe Ichhaftigkeit-nya berbanding terbalik. Jika seseorang memiliki Sachelichkeit yang besar maka, Ichhaftigkeit menjadi kecil dan sebaliknya.

3.      Aspek Psikologis
Dalam membagi tipe kepribadian berdasarkan tipe psikologis Prof. Heymann mengemukakan, bahwa dalam diri manusia terdapat tiga unsur: emosionalitas, aktifitas dan fungsi sekunder (proses pengiring).
1)        Emosionalitas, merupakan unsur yang mempunyai sifat yang di dominasi oleh emosi yang positif, sifat umumnya adalah: kurang respek terhadap orang lain, perkataan berapi-api, tegas, ingin menguasai, bercita-cita yang dinamis, pemurung suka berlebih-lebihan.
2)        Aktifitas, sifat yang dikuasai oleh aktifitas gerakan, sifat umum yang tampak adalah: lincah, praktis, berpandangan luas, ulet, periang, dan selalu melindungi orang lemah.
3)        Fungsi sekunder (proses pengiring), yaitu sifat yang didominasi oleh kerentanan perasaan, sifat umum yang tampak: watak tertutup, tekun, hemat, tenang dan dapat dipercaya.

C.     Hubungan Kepribadian dan sikap keagamaan
1.        Struktur kepribadian 
Sigmound freud
Merumuskan sistem kepribadian menjadi tiga sistem. Ketiga sistem itu dinamainya id, ego dan super ego. Dalam diri orang yang memilki jiwa sehat ketiga sistem itu bekerja dalam susunan yang harmonis. Segala bentuk tujaun dan segala gerak-geriknya selalu memenuhi keperluan dan keinginan manusia yang pokok. Sebaliknya kalau ketiga sistem itu bekerja secara bertentangan, maka orang tersebut dinamainya sebagai orang yang tak dapat menyesuaikan diri. Ia menjadi tidak puas dengan dirinya dan lingkingannya. Dengan kala lain efisiensinya menjadi berkurang.
a.         Id (Das Es)
Sebagai suatu sistem Id mempunyai fungsi menunaikan prinsip kehidupan asli manusia berupa penyaluran dorongan naluriah. Dengan kata lain Id mengemban prinsip kesenangan (Pleasure Principle), yang tujuanya untuk membebaskan manusia dari ketegangan dorongan naluri dasar: makamn, minum, seks dll.
b.        Ego (Das Es)
Ego merupakan sistem yang berfungsi menyalurkan dorongan Id ke keadaan yang nyata. Freud menamakan misi yang di emban oleh ego sebagai prinsip kenyataan (objektive atau reality principle). Segala bentuk dorongan naluri dasar dari Id hany dapat direalisasi dalam bentuk nyata melalui bantuan ego. Ego juga mengandung prinsip kesadaran
c.         Super Ego (das Uber ich)
Sebagai suatu sistem yang memiliki unsur mural dan keadilan. Maka sebagian besar Super Ego mewakili alam ideal. Tujuan Super Ego adalah membawa individu kearah kesempurnaan sesuai dengan pertimbangan keadilan dan moral. Ia merupakan kode modal seseorang dan berfungsi pula sebagai pengawas tindakan yang dilakukan oleh ego. Jika tindakan itu sesuai dengan pertimbangna moral dan keadilan, maka ego mendapat ganjaran berupa rasa puas atau senang. Sebaliknya jika bertentangan, maka ego menerima hukuman berupa rasa gelisah dan cemas. Super Ego mempunyai dua anak sistem, yaitu ego ideal dan hati nurani.

2.        H. J Eysenck
Menurut Eysenck kepribadian tersusun atas tindakan-tindakan dan disposisi-disposisi yang terorganisasi dalam susunan hierarkis berdasarkan atas keumuman dan kepentingannya, diurut dari yang paling bawah ke yang paling tinggi adalah:
1)        Specifik response, yaitu tindakan atau respon yang terjadi pada suatu keadaan atau kejadian tertentu, jadi khusus sekali.
2)        Habitual response, mempunyai corak yang lebih umum dari pada Specifik response, yaitu respon-respon yang berulang-ulang terjadi saat individu menghadapi kondisi atau situasi yang sama.
3)        Trait, yaitu terjadi saat Habitual response yang saling berhubungan satu sama lain dan cenderung ada pada individu tertentu.
4)        Tipe, yaitu organisasi dalam individu yang lebih umum, lebih mencakup lagi.
3.        Sukamto M.M
Menurut pendapat Sukamto M.M kepribadian terdiri dari empat sistem atau aspek:
a.         Qalb (Angan-angan kehatian).
b.        Fuad (Perasaan/hati nurani/ulu hati).
c.         Ego (Aku sebagai pelaksana dari kepribadian).
d.        Tingkah laku (Wujud gerakan)
Meskipun keempat aspek itu masing-masing mempunyai fungsi, sifat, komponen, prinsip kerja, dinamika sendiri-sendiri, namun keempatnya berhubungan dengan erat dan tidak dapat dipisahkan.
1)        Qalb
Adalah hati yang menurut istilah kata atau terminologis adalah sesuatu yang berbolak balik (sesuatu yang lebih), berasal dari kata Qolaba, artinya membolak-balikan. Qalb bisa diartikan hati sebagai hati sekepal(biologis), dan juga bisa bersrti’ kehatian’ (nafsiologis). Ada sebuah hadist nabi riwayat bukhari muslim berbunyi sebagai berikut: “ ketehuilah bahwa didalam tubuh ada sekepal daging. Kalau itu baik, baiklah seluruh tubuh. Kalau itu rusak- rusak lah seluruh tubuh. Itulah qalb”
Secara nafsiologis qalb disini dapat diartikan sebagai radar kehidupan dilaksanakan. Qalb adalah reservoir energi nafsiah yang menggerakkan ego dan fuad. Dilihat dari beberapa segi, ada kecenderungan bahwa teori freud tentang Id mirip dengan karakter hati yang tidak berisi iman, yaitu qalb yang selalu menuntut kepuasan dan menganut prinsip kesenangna (pleasure principle). Ia menghendaki agar segala sesuatu segera dipenuhi atau dilaksanakan. Kalau satu segi sudah terpenuhi, ia menuntut lagi yang lain, dan begitu seterusnya. Ia menjadi anak manja dari kepribadian.
2)        Fuad
Fuad adalah perasaan yang terdalam dari hati yang sering kita sebut hati nurani (cahaya mata hati) dan berfungsi sebagai penyimpan daya ingatan. Ia sangat sensitif terhadap gerak atau dorongan hati dan merasakan akibatnya, kalau hati kufur, Fuad pun kufur dan menderita. Kalau hati bergejolak karena terancam oleh bahaya atau hati tersentuh oeh siksaan batin, fuad terasa seperti terbakar. Kalau hati tenang, Fuad pun tentram dan senang. Satu segi kelebihan fuad dibanding dengan hati ialah, bahwa fuad itu dalam situasi yang bagaimanapun, tidak bisa dusta. Ia tidak bisa menghianati kesaksian terhadap yang dipantulkan oleh hati dan apayang diperbuat oleh ego. Ia berbicara apa adanya. Berbagai rasa yang dialami oleh fuad ditutukan dalam al-quran sebagai berikut:
a)        Fuad bisa bergoncang gelisah (Qs al-Qashas: 10)
Dan fuad ibu musa menjadi bingung (kosong) Hampir saja ia membukakan rahasia (Musa), Jika aku tidak meneguhkan hatinya, sehingga ia menjadi: orang yang beriman.
b)        Dengan diwahyukannya al-quran kepada Nabi, fuad Nabi menjadi teguh (QS al-furqan: 32)
Dan orang-orang kafir bertanya: “ mengapa al-quran tidak diturunkan kepadanya dengan sekaligus”? Demikianlah, karena dengan (cara) itu, Aku hendak meneguhkan fuadmu, dan aku bacakan itu dengan tertib (sebaik-baiknya)
c)        Fuad tidak bisa berdusta (QS Anm Najm: 11):
Fuad tidak berdusta tentang apa yang dilihatnya.
d)       Orang yang zalim hatinya kosong (bingung). (QS Ibrahim:43):
Dengan terburu-buru sambil menundukkan kepala, mereka tidak berkedip, tetapi fuadnya kosong (bingung)
e)        Orang musrik, fuad dan pandanganya dibolak-balikan atau diguncang (QS al-an’am: 110):
Aku goncangkan fuad dan pandangan mereka (kaum musrikin), sebagaimana jejak semula mereka tidak mau beriman, dan aku biarkan mereka dalam kedurhakaanya mengembara tanpa arah tertentu.
3)        Ego
Aspek ini timbul karena kebutuhan organisme untuk berhubungan secara baik dengan dunia kenyataan (realitas). Ego atau aku bisa dipandang sebagai eksekutif kepribadian, mengntrol cara-cara yang ditempuh, memilih kebutuhan-kebutuhan, memilih objek-objek yang bisa memenuhi kebutuhan, mempersatukan pertentangan-pertenangan antara qalb dengan fuad dengan dunia luar. Ego adalah derivat dari qalb dan bukan untuk merintanginya. Kalau qalb hanya mengenal dunia sesuatu yang subyektif dan yang objek (dunia realitas). Didalam fungsinya, Ego berpegang pada prinsip kenyataan atau realiti principle. Tujuan prinsip kenyataan ini adalah mencari objek yang tepat (serasi), Untuk mereduksikan keteganganya yang timbul dalam organisme. Ia merumuskan suatu rencana pemuasan kebutuhan dan mengujinya (biasanya dengan tindakan). Untuk mengetahui apakah rencana tersebut berhasil atau tidak.
4)        Tingkah laku
Nafsiologi kepribadian berangkat dari kerangka acuan dan asumsi asumsi subyektif tentang tingkah laku manusia, karena menyadari bahwa tidak seorangpun bisa bersifat objektif sepenuhnya dalam mempelajari manusia. Tingkah laku ditentukan oleh keseluruhan pengalaman yang di sadari oleh pribadi. Kesadaran merupakan sebab dari tingkah laku. Artinya, bahwa apa yang dipikir dan dirasakan oleh individu itu menentukan apa yang akan dikerjakan, adanya nilai yang dominan mewarnai seluruh kepribadian seseorang dan ikut serta menentukan tingkah lakunya.
Masalah normal dan abnormal tentang tingkah laku dalam nafsiologi ditentukan oleh nilai dan norma yang sifatnya universal. Orang yang disebut normal adalah orang yang seoptimal mungkin melaksanakan iman dan amal soleh disegala tempat. Kebalikan dari ketentuan itu adalah abnormal yaitu, sifat-sifat dholim, fasik, syirik, kufur, nifak, dan sejenis itu.

D.    Dinamika kepribadian
Selain tipe dan struktur kepribadan juga memiliki dinamika yang unsurnya secara aktif ikut mempengaruhi aktifitas seseorang. Unsur-unsur tersebut adalah:
1.        Energi rohaniyah (psychis energy) yang berfungsi sebagai pengatur aktifitas rohaniyah seperti berfikir, mengingat, mengamati dan sebagainya.
2.        Naluri yang berfungsi sebagai pengatur kebutuhan primer seperti makan, minum dan seks. Sumber naluri adalah kebutuhan jasmaniyah dan gerak hati. Berbeda dengan energi rohaniyah, maka naluri mempunyai sumber (pendorong), maksud dan tujuan.
3.        Ego (aku sadar) yang berfungsi untuk meredakan ketegangan dalam diri drngan cara melakukan aktifitas penyesuain dorongan-dorongan yang ada dengan kenyaaan obyektif (realitas). Ego memiliki kesadaran untuk menyelaraskan dorongan yang baik dan buruk hingga tidak terjadi kegelisaahan atau ketegangan batin.
4.        Super ego yang berfungsi sebagai ganjaran batin baik berupa penghargaan (rasa puas, senang dan berhasil) maupun berupa hukuman (rasa bersalah, berdosa dan menyesal). Penghargaan batin diperankan oleh ego-ideal, sedangkan hukuman batin dilakukan oleh hati nurani. Pemenuhan dorongan pertama akan menyebabkan terjadi kegelisahan pada ego, sedangkan pemenuhan dorongan kedua akan menjadikan ego tentram. Dengan demikian, kemampuan ego untuk mempertahankan diri tergantung dari pembentukan ego-ideal. Dalam kaitan inilah bimbingan dan kaitanya agama sangat berfungsi bagi pembentukan kepribadian seseorang. Pendidikan moral dan ahlak ini adalah upaya membekali ego-ideal dengan nilai-nilai luhur.

Dalam konteks ini terlihat bagaimana pentingya pendidikan agama diberikan kepada anak-anak dalam usia dini dalam upaya mengisi nilai-nilai agama agar karakternya terbentuk, oleh pengaruh nilai-nilai tersebut. Nilai-nilai agama ini kemudian akan memperkuat ego-ideal yang sekaligus akan berfungsi sebagai pemberi ganjaran batin. Jika kondisi ego-ideal ini berperan secara dominan dalam diri seseorang, maka ego akan senantiasa terpelihara dari pengaruh dorongan naluri yang menyalahi norma dan agama.


BAB III
PENUTUP

A.    Simpulan
Dalam kaitanya dengan tingkah laku keagamaan, maka dalam kepribadian manusia sebenarnya telah diatur semacam sistem kerja untuk menyelaraskan tingkah laku manusia agar tercapai ketenteraman dalam batinya. Secara fitrah manusia memang terdorong untuk melakukan sesuatu yang baik, benar dan indah. Namun terkadang naluri mendorong manusia untuk segera memenuhi kebutuhanya yang bertentangan dengan realita yang ada. Misalnya dorongan untuk makan ingin dipenuhi, tetapi makanan tidak ada (realita) maka timbul dorongan untuk mencuri. Jika perbuatan itu dilaksanakan, maka  ego (aku sadar), akan merasa bersalah karena mendapat hukuman dari ego ideal ( norma yang terbentuk dalam batin baik oleh norma masyarakat maupun agama). Sebaliknya jika dorongan untuk mencuri tidak dilaksanakan, maka ego akan memperoleh penghargaan dari hati nurani.

B.     Saran
Semoga dengan adanya tugas mata kuliah Psikologi Agama ini dengan judul makalah “Kepribadian dan Sikap Keagamaan” ini dapat memberikan suatu wawasan pengetahuan yang belum kita ketahui menjadi tahu apa itu arti dari Kepribadian, Serta bagaimana cara kita menjadi Pribadi yang baik dan mengerti dasar-dasar menjadi seorang pribadi yang baik.
Dalam pembuatan makalah ini masih banyak kesalahan dalam bentuk teknis penulisan atau pun dalam isi yang dibahas. Oleh karena itu, saran dan kritik yang dapat membangun dalam pembuatan makalah berikutnya sangat diharapkan oleh penulis.



REFERENSI

Prof. Dr. H. Jalaluddin., 1996. Psikolgi Agama. Jakarta: PT RAJA GRAFINDO PERSADA.
Drs. Agus Sujianto, dkk., 2008. Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT BUMI AKSARA.



Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔