Makalah Tentang Vitamin

8:54:00 PM
Makalah Tentang Vitamin
Makalah Tentang Vitamin
BAB I
PENDAHULUAN
A.                LATAR BELAKANG
Vitamin adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme organisme. Dipandang dari sisi enzimologi (ilmu tentang enzim), vitamin adalah kofaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. Istilah “vitamin” sebenarnya sudah tidak tepat untuk dipakai dalam pengertian biokimia karena tidak memiliki kesamaan struktur tetapi akhirnya dipertahankan dalam konteks ilmu
kesehatan dan gizi. Nama ini berasal dari gabungan kata bahasa Latin vita yang artinya “hidup” dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugus organik yang memiliki atom nitrogen (N), karena pada awalnya vitamin dianggap demikian. Kelak diketahui bahwa banyak vitamin sama sekali tidak memiliki atom N.
Sebagai salah satu komponen gizi, vitamin diperlukan memperlancar proses metabolisme tubuh, dan tidak berfungsi menghasilkan energi. Vitamin terlibat dalam proses enzimatik. Tubuh memerlukan vitamin dalam jumlah sedikit, tetapi jika kebutuhan yang sedikit itu diabaikan, akan mengakibatkan terganggunya metabolisme di dalam tubuh kita karena fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Kondisi kekurangan vitamin disebut avitaminosis. Dalam  makalah ini akan dibahas lebih lanjut tentang vitamin. 

B.                 RUMUSAN MASALAH
1.      Apa Pengertian vitamin ?
2.      Apa saja penggolongan dari vitamin ?
3.      Apa saja vitamin yang  larut dalam lemak ?
4.      Apa saja vitamin yang larut dalam air ?

C.                 TUJUAN
1.      Untuk mengetahui pengertian dari vitamin
2.      Untuk mengetahui penggolongan dari vitamin
3.      Untuk mengetahui vitamin yang  larut dalam lemak
4.      Untuk mengetahui vitamin yang larut dalam air
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Definisi

Vitamin adalah zat - zat organik kompleks yang dibutuhkan dalm jumlah yang sangat kecil dan pada umumnya tidak dapat dibentuk oleh tubuh . Oleh karena itu, harus di datang dari  makanan . Vitamin termasuk kelompok zat pengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tiap kehidupan. Tiap vitamin mempunyai tugas spesifik di dalam tubuh . Karena vitamin adalah zat organik maka vitamin dapat rusak karena penyimpanan dan pengolahan.
Istilah vitamin pertama kali diguanakan pada tahun 1912 oleh Cashimir Funk di Polandia . Dalam sebuah upaya untuk menemukan suatu zat yang mampu menyembuhkan penyakit beri - beri, ia menyimpulkan  bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh kekurangabn suatu zat dalam  di dalam makanan sehari -hari. Vitamin dibagi menjadi 2 kelompok  yaitu 1. vitamin yang larut dalam lemak  ( vitamin A, D, E, dan K ) . 2. vitamin yang larut dalam air ( vitamin B dan C ).

B.     Fungsi vitamin

Vitamin berperan dalam beberapa tahap reaksi metabolisme energi, pertumbuhan , dan pemeliharan tubuh, pada umumnya sebagai koenzim atau sebagai bagian dari enzim. Pada proses pemrosesan dan pemasakan banyak vitamin yang hilang bila menggunakan suhu tinggi , sisa air perebus dibuang, permukanan makanan bersentuhan dengan udara dan menggunakan alkali. Vitamin yang terpengaruh dalam hal ini adalah yang rusak oleh panas, oksidasi, atau yang larut di dalam air. Vitamin yang larut dalam lemak tidak banyak hilang pada proses pemasakan, . Kehilangan terjadi akibat proses oksidasi dan ketengikan.

1.    VITAMIN YANG LARUT DALAM LEMAK

Setiap vitamin yang larut dalam lemak A, D, E, dan K mempunyai peranan faali tertentu di dalam tubuh. Sebagian besar vitamin larut lemak di absorpsi  bersama lipida lain. Absorpsi membutuhkan cairan empedu dan pankreas. Vitamin larut dalam lemak di angkut ke hati melalui sistem limfe sebagai bagian lipoprotein , di simpan di berbagai jaringan tubuh dan biasanya tidak dikeluarkan melalui urin.


Silahkan Download Link Ini untuk membaca secara lengkap Tentang Makalah Vitamin


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔