isu isu ham dalam studi islam

12:06:00 PM
Isu isu ham dalam studi islam
BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Beberapa isu penting yang banyak menimbulkan perdebatan di kalangan ahli dan masyarakat adalah pluralisme, fundamentalisme, feminisme dan HAM. Isu-isu ini muncul tidak hanya di dunia Barat, melainkan juga di dunia Islam. Di dunia Islam, isu-isu tersebut memang memunculkan banyak perdebatan.

Pluralisme, misalnya, selalu menjadi problem di dunia Islam. Persoalan ini muncul karena sebagian besar masih belum memahami secara sungguh-sungguh arti pentingnya pluralisme, sehingga dampak dari ketidak pahaman mengenai pluralisme tersebut telah memicu konflik yang tidak jarang mengatasnamakan agama/tuhan. Di Indonesia,hampir setiap tahun terjadi ketegangan,kadang kerusuhan akibat dari sentimen antar umat beragama. Oleh karena itu,isu pluralisme menjadi sangat penting untuk didiskusikan lebih jauh guna merespons kehidupan keberagamaan dewasa ini.


Selain itu, paham fundamentalisme juga akan dibahas dalam makalah karena muncul image bahwa paham ini banyak menggunakan kekerasan untuk mencapai tujuannya dalam rangaka memurnikan ajaran agama yang dianggap telah menyeleweng dari tatanan-tatanan nilainya. Fundamentalisme selalu muncul pada seluruh agama-agama besar di dunia.
Sedangkan isu feminisme yang merupakan tuntutan persamaan hak kaum perempuan terhadap kaum laki-laki merupakan fenomena sejarah. Mempermasalahkan persamaan hak kaum perempuan sesungguhnya merupakan aktivitas yang akan menjadikan kesibukan yang tiada habis-habisnya bagi kaum perempuan. Dari mana akan dimulai dan kapan akan berakhirnya.Hak Asasi Manusia menjadi sebuah term yang global yang menempati posisi penting dalam hubungan antara individu dengan masyarakat dunia. Lahirnya HAM tidak bisa dilepaskan dari pergulatan modern yang harus menghadapi pengaturan negara dan semakin meningkatnya kesadaran akan fungsi negara bagi perlindungan individu.

Silahkan download link ini untuk membaca secara lengkap makalah tentang Isu isu ham dalam studi islam

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔